Asyiknya Diskusi Penanggulangan Bencana Alam Bersama MTs N 4 Rembang

Rembang — Indonesia merupakan negara yang rawan tsunami. Selain Indonesia, ada juga negara Jepang yang merupakan negara yang rawan bencana pula. Untuk mengenalkan pemahaman bencana alam, MTs N 4 Rembang mengadakan diskusi tentang hikmah di balik bencana alam dan penanggulangan bencana alam. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin (29/10/2018) dengan menghadirkan narasumber pegiat sosial, Sugiyarto Syahrozi.

Format kegiatan dikemas diskusi santai bersama. Pada dasarnya, tiap-tiap peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang besar dan rasa penasaran yang tinggi, maka digelarlah kegiatan diskusi untuk menjawab, melakukan pendekatan dan cara-cara yang tepat agar mereka jadi mengerti dan tahu akan pentingnya pengetahuan dan pembelajaran tentang bencana alam  mulai dari sedini mungkin.

Kepala MTsN Sumber, Masrum mengatakan, salah satu cara atau pendekatan yang dilakukan MTs N Sumber adalah dengan dialog, diskusi dan kajian bersama.  “Diskusi bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan tentang akibat,dampak dan penanggulangan bencana alam,” katanya.

Peserta didik memperhatikan dengan seksama materi yang ditampilkan dalam layar proyektor dengan  nobar bersama, sehingga suasana diskusi tampak hidup.

Sugiyarto mengungkapkan, pelajaran yang bisa diambil yaitu kita harus bersyukur. Perbuatan yang tidak baik akan menyebabkan bencana, maka dari sebagai hamba Allah kita harus menjauhi perbuatan maksiat.  Dan jika kita terkena bencana, jika perbuatan kita baik didunia, maka Allah akan tetap menjaga diri kita ini. Jika terjadi bencana alam  hendaklah jangan mudah panik, ikuti himbauan dari pemerintah setempat, berlari ketempat yang aman,” paparnya.

Ratna siswa kelas IX mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan diskusi ini, karena dapat menambah wawasan tentang kejadian bencana dan langkah-langkah penanggulangannya. –dwi-iq/bd