Tukar Cendera Mata Silahturahim Badko LPQ Pemalang

Badko LPQ Pemalang Bersilahturahim dan Berdiskusi di Kementerian Agama Brebes

Brebes, Pendirian Paud Alquran atau PaudQu di Kabupaten Brebes, 01/04/2021 sebanyak 5 lembaga merupakan PaudQu percontohan di Brebes. Hal ini merupakan respon Prakarsa Subdirektorat Pendidikan Alquran Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama  Republik Indonesia.

Rombongan Badko LPQ Pemalang yang  berjumlah 25 orang, Selasa, 24/08/2021 bersilahturahim dan berdiskusi  dengan Badko LPQ Kabupaten Brebes, di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, dalam upaya membicarakan program rintisan PaudQu dan  kegiatan Badko LPQ Kabupaten Brebes, sekaligus meninjau langsung ke  Paud Qu terdekat yaitu PaudQu Assaliniyah di Desa Pebatan dan Paudqu Infarul hoy Desa Banjaratma kec. Bulakamba

Membuka acara silahturahim  dan kunjungan, Kepala Kankemenag Brebes Fajarin  menungkapkan bahwa Brebes secara demografi kependudukan,  berdasarkan sensus penduduk yang dilaksanakan BPS tahun 2020. masyarakat Brebes 99 % beragama Islam dan dikategorikan sebagai masyarakat yang religius dengan ditandainya banyak madarasah dan pesantren yang ada di wilayah Brebes.

“Secara geografis masyarakat Brebes dibagi dalam 2 wilayah yaitu Brebes Utara dan Brebes Selatan, tercatat tidak kurang dari 300 pesantren dan 1000 lebih TPQ/Madrasah Diniyah berdiri di kabupaten Brebes, yang menjadikan  kentelnya keislaman yang ada di Brebes,” ungkap Fajarin.

Aqrom J. Daosat selaku Kasi pendidikan Diniyah Dan Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Brebes, “PaudQu di Brebes baru hitungan bulan berdiri dan ini adalah tahap awal dan penataaan yang dilakukan tanpa mengesampingkan kearifan local sehingga keberadaan paudqu bisa selaras dengan pendidikan dan perkembangan masyarakat, mengingat PAUDQu merupakaj pendidikan Formal tetapi smpaai dengan hari ini belum ada kurikulum yang baku, semoga dengan hadirnya Bapak dab ibu di Brebes, kita sama-sama berkomitmen  dan bersinergi membangun, mengajarkan dan membumikan Alquran bagi generasi penerus kita, baik kami di Brebes maupun Bapak Ibu di Pemalang,” jelas Aqrom.

“Hal penting adanya PaudQu adalah  penanaman Alquran dan nilai-nilai Islam sejak dini sebagai pondasi bagi pembelajaran yang integral/holistik  antara ilmu pengetahuan dan ilmu keagamanan, yang dapat dijadikan sebagai sarana pembentukan keimanan, karakter kuat dan ahlakulkarimah. Keberadaan Paudqu diharapkan sebagai salah instrumen yang dukung-mendukung antara pendidikan di Pesantren, Madarasah Diniyah dan TPQ.” imbuh Kasi PD Pontren Kemenag Brebes Sebagai  pimpinan rombongan, Kepala Kantor Kementerian Agama Brebes H Fahrulrazi menyebut bahwa kunjungan ke Brebes selain bersilahturahim, belajar bagaimana tataran teknis program PaudQu yang ada dan sudah di berlakukan  di Brebes, untuk nantinya kami adopsi dan diadptasikan dengan situasi dan kondisi yang ada di Pemalang.(hid/Sua).