Bank Jateng Syariah Kenalkan Smart Digital Interactive School Lingkup Madrasah Di Kebumen

Kebumen – Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi terus berkembang mempengaruhi dan mewarnai segenap bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan dan pelatihan. Seiring berjalannya waktu, terus bermunculan berbagai aplikasi yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone, computer ataupun perangkat lainnya secara on line. Terlebih dalam situasi pandemic seperti sekarang, semakin banyak starup pendidikan menawarkannya.

Tidak mau ketinggalan, salah satunya adalah Bank Jateng Syariah. Menggandeng Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Bank Jateng Syariah mengenalkan aplikasi Smart Digital Interactive School (SDI). Dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting di ruang Kepala Kankemenag, Sosialisasi diikuti oleh 100 madrasah dilingkup Kankemenag Kab. Kebumen, Selasa (31/08).

Hadir Kepala Kankemenag H. Panut, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Hj. Suwaibatul Aslamiyah, Pimpinan Cabang Bank Jateng Syariah Singgih Budi Nugraha beserta tim IT.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Panut dalam sambutannya mengatakan, dalam dunia yang serba digital  dan situasi pandemic seperti sekarang ini, mau tidak mau kita harus bisa mengimbanginya dengan cara memperkokoh literasi digital kita. “Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi saat meluncurkan program Literasi Digital Nasional pada bulan Mei 2021 lalu,” ujar H. Panut.

Karenanya, H. Panut sangat berterimakasih dan mengapresiasi tawaran aplikasi (SDI) Smart Digital Interactive School  dari Bank Jateng Syariah ini. “Terimakasih dan semoga aplikasi ini dapat bermanfaat untuk kemajuan madrasah di Kebumen,” katanya.

Namun demikian, dia juga menyampaikan bahwa sebagian madrasah di Kebumen sebetulnya juga sudah menggunakan aplikasi E Learnig yang disediakan Kemenag RI maupun aplikasi lainnya.  Jadi karena ini sifatnya penawaran, maka kami tidak bisa memaksakan madrasah untuk harus menggunakan aplikasi SDI ini, kami akan pelajari terlebih dahulu,” tandasnya.

Sementara itu, pimpinan cabang Bank Jateng Syariah Singgih Budi Nugraha menjelaskan, bahwa aplikasi SDI ini adalah salah satu persembahan Bank Jateng untuk dunia pendidikan. “Ini adalah CSR (Corporate Social Responsibility), bentuk tanggung jawab kami untuk ikut serta membangun Sumber Daya Manusia (SDM) generasi mendatang. Aplikasi ini gratis kami persembahkan untuk madrasah,” ungkapnya.

Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya yaitu akses monitoring kepala madrasah, monitoring pembelajaran, monitoring ruang literasi, akses pengajar, live chat, presensi kelas virtual, jurnal mengajar dan berbagai fitur menarik lainnya.(fz).