Baznas Adalah Mitra Kemenag dalam Pengelolaan Ekonomi Keagamaan

Mungkid – Kepala Kantor Wilayah Kemententerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, menyampaikan bahwa Baznas dan Badan Wakaf merupakan mitra kerja Kementerian Agama dalam mewujudkan misi keempat, yaitu meningkatkan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan. Pada Pelantikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional dan Badan Wakaf Indonesia Kabupaten Magelang, Periode 2019 s.d. 2024 di Pendopo drh. Soepardi, Pemda Kabupaten Magelang, Senin, (14/01).

”Dimana misi Kementerian Agama itu diantaranya ada misi yang keempat, adalah meningkatkan potensi ekonomi keagamaan. Meningkatkan pemanfaatan ekonomi keagamaan ini bisa ditempuh melalui dua cara, yang pertama adalah optimalisasi pengumpulan zakat, infaq, dan shodaqoh, dan yang kedua adalah pemberdayaan terhadap benda-benda wakaf kita,” jelas Farhani.

Kepada pimpinan Baznas yang baru, Farhani mengharapkan agar segera membentuk badan pelaksana, membentuk Unit Pengumpul Zakat di tiap Unit dinas dan instansi agar dapat meningkatkan perolehan zakat.

Farhani juga menyampaikan agar pengelolaan zakat dapat mengentaskan kemiskinan dan dapat menyejahterakan masyarakat Kabupaten Magelang.

“Pengurus Baznas agar dapat melakukan pemberdayaan zakat untuk pengentasan kemiskinan dan menyejahterakan umat yang sinergi dengan program-program Bupati Magelang,” harapnya.

Sedangkan kepada Pengurus Badan Wakaf, Farhani menyampaikan aset wakaf yang belum produktif dalam dimaksimalkan menjadi wakaf produktif, sehingga hasilnya bisa untuk menyejahterakan umat dan membantu mengentaskan kemiskinan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Farhani mengharapkan pembinaan kepada Nadzir harus terus diupayakan agar mereka dapat bekerja secara maksimal dalam mengelola aset wakaf. Agar mendapatkan perlindungan hukum, para nadzir diminta untuk melanjutkan program pensertifikatan wakaf bagi tanah yang wakaf yang belum bersertifikat.

Adapun struktur Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Magelang masa kerja 2019-2024 adalah, Ketua dijabat oleh K.H. Afifudin, Wakil Ketua I dijabat oleh K.H Kholid As’adi, dan Wakil Ketua II dijabat oleh Drs. H. Khairuddin.(am/sua)