Beda Agama dan Keyakinan Bukan Jadi Alasan Untuk Terpecah Belah

Wonogiri – Ribuan peserta ikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka HAB (Hari Amal Bakti) ke-73 Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2019 di Kabupaten Wonogiri, Senin kemarin (31/12). Peserta yang berasal dari berbagai macam suku dan agama datang meramaikan di Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri yang  diwakili Kasubag Tata Usaha H Hariyadi, menyatakan jalan sehat ini menjadi sarana bagi Kementerian Agama untuk mewujudkan kerukunan umat beragama.

“Kerukunan umat beragama diperlukan agar seluruh masyarakat Wonogiri dapat terjalin dan bersinergi dengan baik,” tandasnya.

Jalan sehat ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat Wonogiri yang sehat. Kesehatan diri yang baik akan membuat masyarakat selalu produktif dalam bekerja. Jalan sehat pada pagi hari ini berlangsung meriah dengan diikuti kurang lebih 2000 peserta. Peserta dihimbau untuk mengikuti jalan sehat sampai selesai karena di akhir kegiatan akan dilakukan pengundian doorprize.

Dalam kegiatan ini Bupati Wonogiri Joko Sutopo juga menyampaikan apresiasi kepada Kemenag Wonogiri yang telah sukses menyelenggarakan jalan sehat ini. Kehadirannya pada pagi ini sebagai wujud kebersamaan dan toleransi antar umat beragama.

“Kami berpesan kepada masyarakat karena tahun ini merupakan tahun politik mari kita ciptakan suasana yang kondusif, beda agama dan keyakinan, bukan jadi alasan untuk terpecah belah, sebab bangsa Indonesia penuh rasa toleransi, rukun dan damai, serta berjiwa gotong royong”, himbaunya.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, memotong balon udara dilanjutkan dengan pengibaran bendera start sebagai simbolis pemberangkatan peserta jalan sehat. Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh di damping jajaran Forkopimda Wonogiri mengibarkan langsung bendera start.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrrulloh, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Mohammad Istiadi, Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Dodi Budi Kelana diwakili Kasi Intel Amir Akbar NQ, Ketua FKUB Kab. Wonogiri Sutopo Broto, Kasatpol PP Wonogiri Waluyo, serta perwakilan pegawai kementrian agama kecamatan dan sekolah dibawah naungan kementerian agama se-Kabupaten Wonogiri. (mursyid_heri/wul)