Belajar Demokrasi, Siswa MTsN Kawunganten Gelar Pilihan Ketua OSIS ala Pemilu

Cilacap-Sebagai ajang pembelajaran berdemokrasi sejak dini, ratusan siswa MTs Negeri Kawunganten Kabupaten Cilacap menggelar pemilihan ketua OSIS dengan model  pemilihan umum (Pemilu) lengkap dengan KPU dan Panwas-nya, Sabtu (18/11). Tampak ratusan siswa begitu antusias menggunakan hak suaranya, untuk memilih satu dari tiga kandidat ketua OSIS di madrasah mereka.

Harun Mustofa, salah satu guru dan pembina OSIS di madrasah itu menuturkan, ada sebanyak 740 siswa yang mengikuti kegiatan pemilihan ketua OSIS periode 2017/2018. Semua pesertanya masih duduk di bangku kelas tujuh dan delapan. Empat calon ketua OSIS yaitu Faiz Ali Musyafa 8a, Dana Alham Melani 8b, Ranti Ayu Ismediyawati 8e, Kamalisa Pertiwi 8h.

“Untuk pemilihan yaitu meliputi dari proses pendaftaran calon ketua OSIS, penyampaian visi dan misi calon ketua, kampanye, hingga proses pencoblosan dilakukan selayaknya pesta demokrasi pada umumnya,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS ala Pemilu itu baru kali pertama dilaksanakan. Dan kata dia, tujuan digelarnya kegiatan itu ialah supaya para siswa dapat memahami proses demokrasi yang baik.

Hal senada, juga disampaikan oleh Kepala MTsN Kawunganten, Moh.Wahyudin Prasetyo diktakan bahwa, sudah saatnya diberikan pelajaran sejak dini kepada para siswa tentang bagaimana memilih calon pemimpin dengan baik dalam sebuah pesta demokrasi.

“Kegiatan semacam ini sangat perlu diterapkan kepada para siswa, agar mereka bisa belajar berdemokrasi sejak dini. Sehingga diharapkan ketika nanti mereka sudah menjadi pemilih dan pelaksana pemilu di masyarakat. Setidaknya mereka bisa melakukannya dengan benar,” terangnya.

Pada pesta demokrasi OSIS kali ini terpilih sebagai ketua Faiz Ali Musyafa dengan perolehan suara 335, sisusul  Dana Alham  Melani 188, Ranti Ayu Ismediyawati 108, Kamalisa Pertiwi  69,  dan 40 suara tidak sah. (muslich/bd