Belajar Manajemen Halal Dari Malaysia, Malah Kepengin Kuliah Di Malaysia

Surakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, MAN 2 Surakarta, pihak sekolah mengadakan kerjasama dengan lembaga pendidikan  di luar negeri, yaitu UNITI EDUCATION GROUP (UEG). Kedua tamu dari UEG, Malaysia itu adalah Mr. Ramlan dan Mr. Muhammad Rifky. Kedatangan kedua tamu itu dimanfaatkan oleh sedikitnya 316 siswa kelas XII MAN 2 Surakarta untuk belajar manajemen halal dari Malaysia, di Aula MAN 2 Surakarta, Sabtu (24/11) kemarin.

Pada acara audiensi itu, kepala MAN 2 Surakarta, yang diwakili wakil kepala bidang Humas, Sugiyono  menyampaikan beberapa pesan kepada siswanya agar mau belajar seperti ajaran nabi Muhammad SAW.

“Menuntut ilmu itu tidak terbatas ruang dan waktu. Belajarlah walaupun sampai ke negeri Cina,” ujar Sugiyono menyemangati para siswanya itu.

Jadi, lanjut Sugiyono,  sangatlah mungkin jika siswa siswi MAN 2 Surakarta bisa belajar di Negeri tetangga, Malaysia,  yang jika dilihat dari letak geografis tidak jauh dari negeri kita Indonesia.

Kedua pengajar dari Malaysia ini dipilih, katanya,  karena ada ilmu yang tidak dimiliki oleh negara lain yaitu tentang manajemen halal.Dan, umat Islam harus tahu tentang hukum halal dan haram.

Kedua narasumber dari UEG itupun menyampaikan materi tentang manajemen halal di Malaysia yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Terutama yang menjalani hidup di negara -negara Islam.

“Selama ini dari beberapa negara Islam perlu diuji tingkat kehalalannya. Karena belum tentu negara Islam itu tingkat kehalalannya tinggi atau nomor satu. Justru mungkin sebaliknya,” ungkap kedua narasumber itu.

Menjawab pertanyaan beberapa siswa, kedua narasumber itupun memaparkan tentang proses belajar di Malaysia.  Mahasiswa diajari tentang bagaimna menjadi pengelola industri halal, sambil kuliah bisa kerja. Juga disediakan asrama dalam kampus, selesai kuliah langsung kerja. Dan, biaya hidup relatif murah tidak jauh dari Indonesia. Fasilitas lain kampus dekat pantai.  Beasiswa pendidikan 30% untuk 3 tahun dan disediakan program part time job mahasiswa.

 “Saya sangat berkeinginan untuk bisa belajar di Malaysia khususnya di bidang Manajemen Halal di Uniti Group Education,” seloroh Dina Kelas XII IPA 1 itu. (giyono-rma/bd)