Berikan Pelayanan Terbaik Utamakan Jamaah

Temanggung – Tahun 2017 ini jamaah haji asal Kabupaten Temanggung terbagi menjadi tiga kelompok terbang (Kloter) yaitu Kloter 14 yang berjumlah 354 jamaah dan kloter 61 berjumlah 77 jamaah dan kloter 62 berjumlah 137 jamaah.

Pelaksanaan keberangkatan jamaah haji kloter 14 dijadwalkan 31 Juli 2017 dan jamaah haji kloter 61 dan kloter 62 di jadwalkan tanggal 15 Agustus mendatang, Pemerintah Kabupaten Temanggung,  Kamis (13/7) menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan keberangkatan dan pemulangan jamaah haji bersama dengan Kantor Kementerian Agama Temanggung di Ruang rapat Lantai III Setda Kabupaten Temanggung.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Kesra Fajar Pramudito, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kasi PHU Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kepolisian, Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP, Dinas Kesehatan, MUI, Bagian Kesra  dan Protokol.

Kabag Kesra Fajar Pramudito, mengatakan  “diselenggarakannya rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam pemberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten  Temanggung, serta akomodasi, transportasi Jamaah Calon Haji dari keberangkatan di Kabupaten  Temanggung menuju Asrama Haji Donohudan Solo,” katanya.

“Selain membahas persiapan panitia pemberangkatan jamaah, kami juga mengevaluasi pelaksanaan pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji tahun lalu, termasuk membahas secara teknis dan sistem keberangkatan yang akan dilaksakan pada hari pelaksanaanya nanti,” ungkapnya yang juga menjadi Petugas Pemandu Haji Daerah dari Kabupaten Temanggung.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang di wakili oleh Kepala Subbag TU, Ahmad Sugijarto mengatakan dalam koordinasi ini telah diputuskan bersama bahwa pada tanggal 31 Juli semua jamaah haji kloter 14 diputuskan berkumpul dan berangkat dari Pendopo Pengayoman Pukul 05.00 WIB, lalu menggunakan bus berangkat menuju Asrama Haji Donohudan. Sedangkan pada tanggal 15 Agustus untuk jamaah haji kloter 61 dan 62 diputuskan berkumpul dan berangkat dari Pendopo Pengayoman Pukul 02.00 WIB dini hari.

“Pada prinsipnya pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji asal Temanggung tidak jauh berbeda dengan pemberangkatan pada tahun-tahun sebelumnya,” ungkap  Sugijarto.

Disampaikan pula oleh Kasi PHU, Widagdo bahwa jadwal keberangkatan  jamaah calon Haji asal Kabupaten  Temanggung Tahun 2017 ini perlu kesiapan yang matang baik akomodasi maupun keamanan sehingga jamaah haji terlayani dengan nyaman dan aman.

Lebih lanjut Widagdo mewanti-wanti tentang permasalahan haji yang begitu kompleks dari tahun ke tahun, oleh karena itu dibutuhkan strategi dan kerja keras dari semua pihak agar dapat meminimalisir permasalahan dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Berikan pelayanan terbaik bagi Calon Jamaah Haji dengan mengutamakan kepentingan jamaah, katanya mengakiri sambutannya.(sr/Af)