Jamaah Calon Haji, Ikuti Manasik Haji Tingkat Kecamatan Dengan Riang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Bertempat di Resto Kebon Tebu Jl. Gatot Subroto hari ini (Kamis, 11/5) merupakan hari kedua pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan di Kota Magelang.

Kasi PHU Kankemenag Kota Magelang dalam sambutannya berpesan kepada Jemaah Calon Haji (JCH) untuk menjaga menjaga kesehatan dan meningkatkan staminanya sehingga pada saat melaksanakan ibadah haji bisa berjalan dengan lancar dan kembali ke tanah air peroleh haji dan hajah mabrur.

“Selain menguasai rukun dan wajibnya berhaji, para jamaah juga diharapkan mempunyai kebugaran yang prima. Cuaca di Makkah dan Madinah sangatlah berbeda, suhunya bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcis. Oleh karena itu, jagalah kesehatan dan tingkatkan stamina mulai sekarang.  minum nutrisi yang banyak untuk menjaga stamina,” ujar Agus Syafe’i.

”Simaklah dengan seksama materi diberikan oleh tenaga kesehatan yang akan diberikan nanti, sehingga kiat-kiat yang disampaikannya bisa diterapkan dengan baik secara mandiri,” lanjutnya.

Kegiatan manasik haji ditingkat kecamatan merupakan pendalaman atau lanjutan dari manasik di tingkat Kota Magelang. Ini semua dimaksudkan agar setiap JCH mampu malaksanakan ibadah haji secara mandiri, serta mampu pula menjaga kesehatannya.

Semantara itu, Oktina Fitryani dokter di RSJ Soerojo Kota Magelang yang periode di ini bertugas menjadi TKHI dengan gamblang mengupas materi mengenai bagaimana menjaga kesehatan diri bagi JCH.

Ia memaparkan secara rinci dengan bahasa yang sederhana, mengingat audiennya sebagaian besar telah lanjut usia. Selain pemaparan teori, ia juga berikan simulasi tentang bagaimana JCH berperilaku sehat baik ketika di pesawat maupun dalam kesehariannya saat di tanah suci.

Agar para JCH tidak jenuh dan mengantuk, dengan piawai ia juga mengajak peserta manasik haji untuk senam bersama sehingga memunculkan riuh tawa sebagai ungkapan kebahagiaan. (Hari/rf)