Jawab Tantangan Era Disrupsi Informasi, Perpustakaan Digital MAN 1 Grobogan Resmi Digunakan Melalui LIMANSAGAN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan (Humas) – Ditandai dengan pemotongan pita, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng meresmikan Perpustakaan Digital Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan, Senin (4/3/2024). Perpustakaan Digital dibuat untuk memudahkan akses informasi mengenai buku dan penunjang pembelajaran serta layanan literasi yang dapat diakses melalui aplikasi LIMANSAGAN (Literasi MAN 1 Grobogan).

Sebelum meresmikan, Kakanwil ingatkan tiga dosa besar di lingkungan Pendidikan yang tidak boleh sampai terjadi di Madrasah. Antara lain kekerasan seksual, bullying, intoleransi. “Ini tidak boleh terjadi apapun bentuknya!,” tegas Kakanwil.

Dirinya juga menjelaskan mengenai bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia kelak pada tahun 2045. Akan ada banyak sumber daya manusia usia produktif pada tahun tersebut, harapannya dari Madrasah Jateng lah akan lahir para pemimpin bangsa. Generasi yang sehat lahir batin, cerdas secara intelektual dan bermoral baik. Tak hanya ilmu keislaman yang diajarkan, namun juga karakter berbangsa dan bertanah air ditengah era disrupsi informasi.

“Seijin Bapak Ibu dan Saudara dengan memohon rahmat Allah SWT, Perpustakaan Digital MAN 1 Grobogan dan Laboratorium Moderasi Beragama saya nyatakan diresmikan. Bismillahirrahmanirrahim,” tutur Kakanwil seraya memotong pita.

“Ini bukan saja menjadi sumber informasi dan pengetahuan tapi jadi sumber ilmu bagi semua yang belajar di Perpustakaan Digital ini,” pungkasnya. Dilanjutkan dengan penandatangan prasasti peresmian.

Dalam laporanya, Suprapto Kepala MAN 1 Grobogan menyampaikan bahwa pada tahun 2022 telah terjalin kerjasama dengan Kementerian Agama dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ada 19 ruang kelas yang berhasil direhab, ini merupakan buah dari kerjasama hebat tersebut. (PS/ BEL)