Kami Datang, Siap Jadi Juara!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Kendari (Humas) – Sebanyak 11 peserta Kompetisi Sains Madrasah dan 10 Madrasah yang mengikuti Madrasah Young Reseachers Supercamp (Myres) 2023 siap bersaing di Tingkat Nasional. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mulai tanggal 3 – 7 September 2023.

KSM dan MYRES merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI.

Pada KSM dan MYRES tahun sebelumnya, Jawa Tengah berhasil menduduki Peringkat Dua, dan di tahun ini Jateng kembali hadir dengan semangat yang membara untuk terus berjuang meningkatkan kemampuannya.

Kompetisi ini bertujuan meningkatkan semangat siswa mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berlandaskan nilai-nilai agama serta mengikuti budaya kompetitif yang positif sehingga siswa madrasah kelak menjadi insan-insan yang bermanfaat dan mampu bersinergi dengan situasi dan kondisi pada setiap zaman.

Bidang studi yang dilombakan dalam KSM Nasional 2023 dibagi dalam 3 tingkatan. Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sederajat yang dilombakan yakni Matematika dan IPA terintegrasi. Kemudian, Madrasah T(MTs) sederajat meliputi Matematika, IPA dan IPS terintegrasi. Jenjang MA sederajat meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, dan Ekonomi terintegrasi. Terdapat 11 kontingen dari Jawa Tengah yang mengikuti KSM Nasional 2023.

KSM yang merupakan tahun ke 12 ini mengusung tema “Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi” dengan tema tersebut diharapkan dapat melahirkan generasi muslim berprestasi dan kompeten yang akan berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa di masa yang akan datang. (D/Rk)