081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Kemenag Kab. Temanggung Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

Temanggung (Humas) – Dalam rangka memperkuat nilai-nilai moderasi beragama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar kegiatan Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di Balai Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Selasa (27/08/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agamag Kabupaten Temanggung, Kasi Bimas Islam Kankemenag Kab. Temanggung, Camat Kaloran, Kapolsek Kaloran, Danramil Kaloran,  Kepala KUA Kec. Kaloran , FKUB, Perangkat  Desa Getas, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan penyuluh agama PPPK.

Dalam laporannya Kasi Bimas Islam, Munsiri menyampaikan Indikator moderasi beragama adalah komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi dan penerimaan terhadap tradisi. Sementara Kepala Kantor Kemenag Kab. Temanggung, Fatchur Rochman yang juga sebagai narasumber menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu program Gusmen yaitu tentang moderasi beragama.

Kegiatan di Kabupaten Temanggung diselenggaran didua tempat yaitu di Kecamatan Kaloran dan Kecamatan Bejen. Semua ini juga tidak lepas dari peran FKUB, untuk itu kaitannya dengan kampung moderasi beragama ini dibangun secara bersama-sama. Kepala Kemenag menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai fondasi untuk membangun kerukunan dan keharmonisan antar umat. 

“Dengan menerapkan moderasi beragama seseorang tidak akan ekstrim atau melakukan sesuatu yang dapat memecah belah kebangsaan dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani agamanya. Adapun orang yang melaksanakan moderasi beragama disebut moderat,“ ungkapnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan praktik moderasi beragama di masyarakat melalui pengembangan kampung moderasi beragama sebagai model lingkungan yang damai, harmonis dan inklusif.

Pada kesempatan yang sama, dari Polsek Kaloran, M. Yasin  menyampaikan, kampung moderasi ini terbentuk dari berbagai golongan dan agama. “Mari kita ciptakan kedamaian dalam menjaga dan merawat kampung moderasi,“ ujarnya.

Tidak ketinggalan Camat Kaloran, Yuli Riastiana dalam sambutannya menyampaikan keragaman masyarakat di Kaloran ini menjadikan kita semua bisa menjadi lebih baik, apa yang sudah baik mari kita tingkatkan keberagaman Bhineka Tunggal Ika ini. “Mari kita jaga kampung moderasi beragama yang dibangun oleh Kemenag Kab. Temanggung. Dan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip moderasi dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.(sr/HMS)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content