Kontingen Jateng dalam Ajang KSM Nasional Raih 10 Medali, Mantap!

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Kendari (Humas) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tingkat Nasional 2023 berakhir. Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali mengapresiasi gelaran tahunan yang kali ini dilaksanakan di Kendari mulai 3-7 September 2023, Sulawesi Tenggara.

Penutupan turut dihadiri Dirjen Pendidikan Islam, Plt Direktur KSKK Madrasah, Kakanwil Kemenag se Indonesia, Kabid Pendidikan Madrasah se-Indonesia, peserta dan pendamping.

Sekjen Nizar menyampaikan, proses lomba KSM dan MYRES yang dilakukan sejak tingkat kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional merupakan pengalaman berharga yang didapat para siswa madrasah. Hal ini menjadi modal bagi para siswa untuk siap berkompetisi dan bersinergi di kehidupan sesungguhnya.

“Tahapan demi tahapan tersebut telah dilalui dan meninggalkan pengalaman yang mendalam, menyentuh kalbu baik suka maupun duka.

Pengalaman itulah hal yang paling penting menentukan. Sebagaimana pepatah mengatakan, pengalaman adalah guru yang paling berharga,” ungkapnya.

Menurut Nizar, pengalaman itulah yang sesungguhnya akan membentuk karakter atau pribadi yang lebih santun untuk berjuang tanpa lelah meraih prestasi. “Karakter inilah yang menjadikan kesuksesan di masa depan,” tandasnya.

Untuk Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Kontingen Jateng berhasil meraih 10 medali yaitu 3 Medali Emas,  4 Medali Perak, 3 Medali Perunggu.

Berikut daftar mata pelajaran kejuaraan KSM 2023 yaitu:

1. Jenjang MI/SD

a. Matematika Terintegrasi meraih Medali Perak atas nama Azka Ahnaf dari MIS Muhammadiyah Karanganyar.

b. IPA Terintegrasi berhasil meraih Medali Perunggu, Kynara Vanesya Putri Wibiastuti dari MIN 4 Sukoharjo.

2. Jenjang MTs/SMP

a. Matematika Terpadu Terintegrasi berhasil meraih Medali Emas, siswa dari SMP Semesta Bilingual Boarding School yaitu Jupiter Arshavino Raditya Mustofa siswa dari SMP Semesta Bilingual Boarding School.

b. IPA Terpadu Terintegrasi berhasil mendapatkan Medali Perunggu, diraih oleh Fata Faezra Ahnaf Muzaffar dari SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen.

c. IPS Terpadu Terintegrasi meraih Medali Perak, siswa dari SMP Baitul Qur’an Boarding School Sambirejo.

3. Jenjang MA/SMA

a. Biologi Terintegrasi berhasil mendapatkan Medali Emas, diraih oleh Siswa MAN IC Pekalongan yaitu Abimanyu Rahmawan Hidayat.

b. Fisika Terintegrasi berhasil mendapatkan Medali Perak, diraih oleh Novita Putri siswa dari MAN Demak.

c. Kimia Terintegrasi berhasil mendapatkan Medali Emas, diraih oleh Ammar Fauzi Ramadhani meraih Medali Emas siswa MAN 2 Kudus.

d. Ekonomi Terintegrasi berhasil mendapatkan Medali Perak, diraih oleh Alifa Nadia Ulya Azzahra siswa SMA Taruna Nusantara.

e. Geografi Terintegrasi berhasil mendapatkan Medali Perunggu, diraih oleb Fina siswa dari MAN 1 Wonosobo. (D/RK)

Juara KSM 2023