Persiapkan Kafilah MTQ Nasional, Kota Semarang Terima Studi Tiru Kab. Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Semarang (Humas) – Ahmad Farid, Kakankemenag Kota Semarang didampingi perwakilan Pengurus LPTQ Kota Semarang, menerima kunjungan dari Setda, Kemenag, dan perwakilan Pengurus LPTQ Kab. Wonosobo, di ruang rapat Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Senin (20/05/2024).

Kedatangan rombongan dalam rangka studi tiru terkait pembinaan kafilah Kota Semarang yang akan maju ke MTQ Nasional.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pelaksana LPTQ Kota Semarang, Prof. Yuyun Effendi mengupas kendala apa saja yang dihadapi dalam melakukan pembinaan. “Kesibukan, komunikasi, dan koordinasi, pasti menjadi permasalahan utama dalam membina para kafilah kita. Mayoritas pengurus yang memiliki kesibukan masing-masing, atau kurang instensnya konsistensi komunikasi antar pengurus. Semua pasti mengalami hal serupa, begitu pun dengan rekan-rekan di Wonosobo,” tuturnya.

Oleh karenanya, ia menerangkan, LPTQ Kota Semarang melibatkan stakeholder lain guna mempersiapkan perhelatan MTQ Nasional 2024. “Kami melibatkan seluruh unsur masyarakat, baik dari lembaga-lembaga pendidikan, ormas keagamaan, Baznas, Bank, Pondok Pesantren, Pemerintah Daerah dari mulai lingkup terkecil hingga Kota, dan Kemenag,” terangnya.

Ia menambahkan, secara internal juga melakukan pembenahan, baik pada kesekretariatan, bidang usaha dan dana, perhakiman, pendidikan dan pelatihan, penelitan dan pengembangan SDM, maupun Humas. “Alhamdulillah bersama dengan seluruh elemen yang seperti tadi kami sebutkan sebelumnya, semuanya bekerjasama, berkoordinasi untuk turut serta ambil bagian guna mensukseskan pembinaan para kafilah Kota Semarang yang akan maju ke MTQ Nasional,” ujarnya.

“Yang perlu mendapat perhatian adalah peserta, kerjasama dengan pihak-pihak terkait, transport peserta dan hadiah, rekrutmen dan pembinaan MTQ semua cabang, surat tugas dan mandat bagi peserta dan pembina, serta pembinaan dan pendanaan bagi LPTQ Kecamatan,” imbuhnya.

Prof. Yuyun mengatakan, Kota Semarang pun memiliki PR besar setelah dua kali menjadi Juara Umum pada MTQ Tingkat Prov. Jateng, agar mampu mempertahankan prestasi tersebut, dan meningkatnnya di tingkat nasional, sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan dan mampu mengharumkan Jawa Tengah pada MTQ XXX Nasional 2024.(Faiq/Nana/Nba)