Bersama Empat Badan Usaha, Baznas Cilacap Berikan CSR Bagi Penduduk

Cilacap – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cilacap bersama empat badan uasaha lain, yakni RSI Fatimah, PT. DUS, Kopama dan BPJS Kesehatan, Rabu (3/5) memberikan program Corporate Social Responsbility (CSR). Kegiatan peluncuran dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama.

Penandatangan MoU digelar di Ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cakti disaksikan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Ketua II Baznas Cilacap, Hamidan Majdi mengatakan bahwa, CSR merupakan kegiatan tanggung jawab sosial dari sebuah perusahaan atau badan usaha kepada masyarakat dan lingkungan hidup atas imbas dari kegiatan-kegiatan usahanya. Untuk menempatkan diri sebagai bagian dari masyarakat dan lingkungan hidup, setiap perusahaan seharusnya memahami dan memiliki program CSR serta menerapkannya.

Walaupun BAZNAS dalam hal ini bukan merupakan badan usaha komersial, akan tetapi CSR merupakan bagian dari fungsi Baznas. Hanya saja bentuk tanggung Baznas merupakan amanah dari para muzaki maupun aghnia (orang kaya) yang menginfakkan sebagian hartanya.

Berbeda dengan perusahaan, di mana CSR merupakan bentuk kepedulian atas manfaat atau keuntungan yang didapat perusahaan. Sebagai bagian dari masyarakat adalah sangat wajar bila perusahaan memperhatikan kepentingan masyarakat. Perusahaan mesti menyadari bahwa mereka beroperasi dalam satu tatanan lingkungan masyarakat.

Kegiatan sosial ini berfungsi sebagai kompensasi atau upaya imbal balik atas penguasaan sumber daya alam atau sumber daya ekonomi oleh perusahaan yang kadang bersifat ekspansif dan eksploratif, disamping sebagai kompensasi sosial karena timbul ketidaknyamanan (discomfort) pada masyarakat.

Pentingnya CSR adalah agar memiliki hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme. Untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Wajar bila badan usaha dituntut untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, sehingga bisa tercipta harmonisasi hubungan bahkan pendongkrakan citra dan performanya.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap CSR akan mampu memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini menurutnya merupakan bagian dari pilar program ‘Bangga mbangun desa yang ia ciptakan.(On/bd)