Bersinergi Majukan Madrasah, Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Banjarnegara Adakan FGD

Banjarnegara – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kasi PendMad KanKemenag) Kabupaten Banjarnegara, Slamet Wahyudi menginisiasi kegiatan FGD (Focus Group Discussion) yang bertempat di ruang Mulitimedia MAN 2 Banjarnegara, Rabu, (9/6). Hadir dalam acara tersebut adalah seluruh Kepala Madrasah Negeri baik dari tingkat MI, MTs, MA, serta seluruh Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik dan Kesiswaan tingkat MTs dan MA.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, Agus Suryo Suripto, berlangsung cukup intens, hangat, dan dialogis. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), sarana prasarana dan perlunya kultur akademik di lingkungan madrasah. Menurutnya ketiga hal tersebut memiliki peran vital bagi tumbuh kembang majunya sebuah madrasah.

“Peningkatan kualitas SDM adalah satu keniscayaan yang harus terus dilakukan jika madrasah ingin terus eksis di tengah era disrupsi yang berlangsung begitu ekstrem dan cepat. Pada tatanan era disrupsi ini, perubahan yang terjadi di dunia pendidikan menuntut para tenaga pendidik (guru) untuk mampu beradaptasi segera dengan perubahan dalam dunia industri teknologi komunikasi dan media informasi,” jelasnya.

Beliau juga menambahkan jika era disrupsi ini juga memberikan konsekuensi perlunya sarana prasarana yang mendukung keberlangsungan proses pembelajaran di madrasah. Penguatan jaringan internet dan pemanfaatan ragam media sosial adalah menjadi hal yang harus dimanfaatkan oleh madrasah secara optimal.

“Kultur akademik perlu ditradisikan di lingkungan madrasah karena kultur akademik akan mencerminkan bagaimana prestasi madrasah-madrasah yang ada di Banjarnegara,” imbuhnya. Sementara Ridlo Pramono, selaku Kepala MAN 2 Banjarnegara juga tuan rumah dalam kegiatan ini menyambut kegiatan FGD ini dengan antusias. “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, tentu saja MAN 2 siap untuk meningkatkan prestasi baik di bidang akademik, maupun non akademik,” ungkapnya.

Usai sambutan Kepala Kanmenag Kab. Banjarnegara, kegiatan FGD dipandu langsung oleh Kasi PendMad, Slamet Wahyudi yang menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya FGD di jenjang madrasah dari MI, MTs dan MA. “FGD ini adalah forum diskusi kelompok di lingkungan madrasah yang memiliki maksud dan tujuan bagaimana meningkatkan prestasi madrasah, bagaimana antar madrasah saling bersinergi dan berkolaborasi dan bagaimana antar madrasah saling berfastabiqul khoirot,” pungkasnya. (ihp/ak/rf)