Bidik Siswa Berprestasi, MTsN Jatinom Gelar Try Out UN SD/MI

Klaten – Menjadi agenda rutin setiap tahunnya MTsN Jatinom menggelar try out UN (Ujian Nasional) bagi siswa SD/MI. Try Out kali ini bisa dijadikan ajang latihan ujian bagi para peserta untuk menghadapi UN yang akan dilaksanakan bulan mendatang. Selain itu mental siswa akan terbentuk dengan seringnya mereka mengerjakan latihan soal UN. Penegasan tersebut katakan oleh Kepala MTsN Jatinom Sunyata pada saat pelaksanaan try out di MTsN Jatinom, Minggu (9/4).

Sunyata mengatakan, mereka mendapatkan simulasi dan dibuat semirip mungkin dengan pelaksanan ujian nasional. Tujuan kita agar anak-anak dari SD dan MI sudah siap saat ujian karena dari awal sudah latihan.

“Selain itu, sebagai perkenalan bagi siswa SD/MI tentang keberadaan madrasah, dan juga memperkenalkan kondisi terkini dari MTsN Jatinom kepada masyarakat secara luas,” tuturnya.

MTsN Jatinom merupakan madrasah unggulan di Klaten, selain mempunyai 8 kelas paralel perkelas, juga memiliki kelas unggulan, ini bukti bahwa madrasah kita mempunyai kualitas yang baik.

Setiap tahun ajaran baru, minat masuk MTsN Jatinom sangat tinggi, mau tidak mau dengan keterbatasan ruang kelas dan daya tampung, jadi banyak siswa yang tidak bisa masuk sebagai peserta didik baru setelah lolos seleksi. Melalui try out MTsN Jatinom ingin bidik siswa berprestasi di Klaten agar tertarik dan melanjutkan pendidikannya di MTsN Jatinom.

“Alhamdulilah animo masyarakat sangat tinggi, terbukti peserta try out mencapai 936 siswa. Sebagian besar mereka diantar oleh para guru pendamping sekolahan atau orang tua mereka. Ini menunjukkan perhatian masyarakat kepada MTsN Jatinom sangat tinggi,” jelas Sunyata 

Untuk memberikan rangsangan bagi peserta, panitia menyediakan sejumlah hadiah bagi siswa dengan nilai terbaik dengan diiringi band madrasah. Panitia menentukan 3 peserta terbaik berdasarkan akumulasi nilai selama try out. Disamping itu, panitia juga memberikan door prize bagi mereka yang mampu memberikan jawaban ketika game di gelar usai pelaksaan uji coba. Ada hadiah bagi pemenang satu, dua dan tiga. Juga ada door prize selama game digelar sambil menunggu koreksi soal untuk menentukan pemenang.(ny_aj/Wul)