MTsN 2 Purbalingga Bekali 288 Siswa Baru Masuk Penggalang

Purbalingga – Sebanyak 288 siswa baru MTs Negeri 2 Purbalingga mengikuti kegiatan Penerimaan Anggota Penggalang Baru (PAPB). Kegiatan rutin tahunan tersebut digelar sehari di komplek MTs Negeri 2 Purbalingga, Sabtu (21/07). Pembina Pramuka, Said Mawardi menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan menambah wawasan ilmu pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan. Selain itu juga diharapkan agar setelah menjadi anggota Pramuka Penggalang di Gugus Depan MTs Negeri 2 Purbalingga para siswa baru tersebut dapat menjadi pramuka sejati yang bisa mengharumkan nama madrasah dan berguna bagi masyarakat pada umumnya.

Terkait bentuk kegiatan, Said yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Depan MTs Negeri 2 Purbalingga  menjelaskan, kegiatan dikemas dalam bentuk penjelajahan.

“Peserta di bawah bimbingan dan pengawasan para pembina melakukan kegiatan penjelajahan menempuh jarak sekitar 10 kilometer. Perjalanan dari  madrasah melewati 4 desa yaitu Gandasuli, Kradenan, Kalapacung dan Majapura kembali ke pangkalan. Setiap regu harus mengikuti tanda-tanda yang telah dibuat oleh panitia dan berhenti di setiap pos yang dilalui untuk menyelesaikan tugas yang telah disediakan,” jelas Said.

Materi yang diberikan, lanjutnya, meliputi pengenalan lingkungan madrasah, PBB, Sandi, Peta Pita,  halang rintang dan lain-lain.

Mendapat Banyak Dukungan

Said mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan tersebut. Terutama kepada Dra. Siti Mudrikah, M.Pd.I selaku Kepala Madrasah dan para guru pembina  yang telah mendukung kegiatan tersebut baik dari segi moral, material, finansial, waktu maupun tenaga.

“Kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh Adik-adik Pramuka Penggalang Inti sejumlah 51 orang yang tergabung dalam Dewan Penggalang MTsN 2 Purbalingga dan 4 orang Pramuka Penegak alumnus madrasah kami ,”  pungkasnya.  (sar/gt)