BOP RA, Bantu Siswa RA Tidak Mampu

Pati – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Seksi Pendidikan Madrasah melaksanakan sosialisasi Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudlatul Athfal Tahun Anggaran 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Kamis (4/5)

Panitia  Pelaksana kegiatan sosialisasi Mustarikatun dalam laporannya menyampaikan Kegiatan ini diikuti oleh Pimpinan Daerah (PD) dan Pimpinan Cabang (PC) IGRA se Kabupaten Pati, menggunakan sumber dana DIPA Tahun Anggaran 2017 yang bertujuan memberikan pemahaman serta pendalaman terhadap Juknis RA Tahun Anggaran 2017 yang muaranya untuk mengambil peran sebagai salah satu upaya mencerdaskan anak anak bangsa sesuai undang-undang yang ada, serta memberikan kemudahan bagi pengelola bantuan operasional pada RA.

Kasi Pendidikan Madrasah Moh Alimin dalam arahannya saat membuka acara menyampaikan, program Bantuan Operasional Pendidikan ( BOP ) pada Raudlatul Atfal merupakan program Kementerian Agama RI yang bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat, melalui program ini sebagai implementasinya diantaranya adalah membantu siswa RA yang tidak mampu agar dapat melangsungkan pendidikan yang setara.

BOP yang dimaksud  berupa pemberian dana langsung kepada lembaga RA yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa masing-masing RA dan satuan biaya bantuan sebesar Rp 300.000 per siswa per tahun, dimana penggunaan dana BOP diutamakan untuk membantu RA dalam memenuhi biaya operasional pendidikan,’urainya.

Lebih lanjut Alimin menekankan bahwa seluruh program Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati termasuk Sosialisasi ini adalah merupakan salah satu pengujawentahan nawacita Presiden kita guna mencerdaskan anak bangsa.

Seiring dengan larangan pungli pada setiap lembaga Kementerian, maka hal ini saya wanti wanti kepada RA untuk sama sama berhati-hati dan serius dalam pengelolaannya benar-benar untuk pendidikan RA.” tegas Alimin. (Athi’/bd)