Budayakan Peserta Didik Berprestasi

Rembang –   Tampil sebagai juara bukanlah datang secara tiba-tiba. Dibutuhkan perjuangan dan kerja keras untuk menjadi pemenang. Itulah yang dialami oleh peserta didik peraih juara dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kabupaten Rembang yang diadakan pada Selasa (25/4) lalu di MTsN Lasem.

Para pemenang mendapatkan penghargaan berupa piala dan piagam dari panitia dan diserahkan secara langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, pagi tadi di aula Kankemenag Kabupaten Rembang.

Kepada pemenang, Atho’illah menyampaikan apresiasi atas raihan juara I, II, dan III yang sudah dikantongi. Untuk para juara I, akan mewakili KSM di tingkat Jawa Tengah yang akan digelar di MAN Magelang pada 24 Mei mendatang.

Atho’illah menyadari, peserta didik yang berhasil menjadi pemenang telah berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sebab, soal KSM kemarin disusun oleh tim dari perguruan tinggi, sehingga kualitas dan tingkat kesulitannya tinggi.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Dan kami sangat menghargai jerih payah siswa dibantu oleh bimbingan dari Kepala Madrasah, guru, dan orang tua, hingga bisa meraih juara. Bahkan ada yang rela les hingga ke perguruan tinggi,” kata Atho’illah.

Dikatakannya pula, madrasah harus membiasakan diri untuk berlomba-lomba berprestasi. Hal ini untuk menunjukkan madrasah memiliki keunggulan dibandingkan lembaga pendidikan lainnya.

“Kalau madrasah sering mendapatkan prestasi, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga mereka akan lebih memilih madrasah untuk pendidikan putra-putrinya,” ujar Atho’illah.

Acara ini turut dihadiri oleh segenap Kepala Madrasah Negeri dan para guru pendamping peserta didik yang menjadi juara. Pada akhir acara, Atho’illah secara resmi membubarkan Panitia KSM yang diketuai oleh Kepala MIN Sedan, Badrudin. Sementara Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim, dan Ketua KKM MA Kabupaten REmbang, Shofi juga turut menyerahkan piala kepada para juara. (ss/bd)