Bupati Purbalingga Anggarkan 2,5 Milyar untuk Guru Diniyah.

Purbalingga – Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT)  sebagai organisasi kemasyarakatan di bidang Pendidikan Agama, melaksanakan kegiatatan Hubbul Wathon Melalui Pekan Olah Raga dan Seni Madrasah Diniyah (PORSADIN) IV Tingkat Kabupaten Purbalingga dengan mengambil tema “Melalui Porsadin Kita Tingkatkan Semangat Cinta Tanah Air Sebagai Bagian dari Iman”.

Bupati Purbalingga, Tasdi pada kegiatan yang dilaksanakan Minggu (23/4), bertempat di Ponpes Darul Abror Kedungjati Bukateja, mengapresiasi atas kegiatan PORSADIN IV dan memberikan bantuan penyelanggaraan sebesar 5 juta rupiah. Dia mempersilahkan agar kegiatan PORSADIN V dilaksanakan di Pendopo. “Untuk PORSADIN V silahkan dilaksanakan di  Pendopo Dipokusumo dengan Anggaran APBD,” ucap Tasdi.

“Santri adalah aset bangsa masa depan, untuk menjadi pemimpin yang berakhlakul karimah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang  sama, Plt Kepala Kankemenag Purbalingga, Muhdzir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga yang telah memberikan bantuan kepada guru Madin tahun 2017 yang semula 1,8 milyar menjadi 2,6 milyar. Muhdzir juga berharap Purbalingga bisa jadi tuan rumah PORSADIN tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ditemui di sela kegiatan, Ketua panitia PORSADIN IV, Ahmadi menjelaskan tujuan dari kegiatan yang melombakan Tahfidz, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bhs Indonesia, Pidato Bhs Arab, Kaligrafi, Muratal Wal Imla,Puisi Islami, Atletik, Futsal, MQK dan MTQ serta Tahfidz Aqidatul Awam, adalah membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa, sehat jasmani dan rohani, berkualitas unggul, sportif dan berdaya saing tinggi.

Lebih lanjut Ahmadi menyampaikan tujuan lain dari kegiatan adalah meningkatkan khasanah keilmuan, budaya berolahraga, dan seni bernuansa Islami dalam rangka membina khazanah budaya bangsa serta meningkatkan ukhuwah Islamiyah dikalangan santriwan dan santriwati dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia juga menyampaikan harapan terkait hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan PORSADIN IV yang diikuti oleh sebanyak 576 perwakilan dari 18 kecamatan di Purbalingga.

“Dengan kegiatan ini kita berharap bisa menghasilkan para santri yg berkualitas, sehat, trampil dan berbudaya, bisa meningkatnya wawasan, pengetahuan, pengalaman dan keahlian para santri khususnya dalam pengembangan keilmuan serta Meningkatkan tali silaturrahmi antar pemerintah, pengasuh, pengelola, ustadz/ustadzah, guru dan santri diniyah di Purbalingga dan rasa bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yg memiliki khasanah keilmuan, olah raga dan seni yang tinggi,” harap Ahmadi. (sf/gt)