Cegah Perceraian, Kemenag Programkan Bimbingan Perkawinan

Temanggung – Kementerian Agama akan meningkatkan program pendidikan pra nikah melalui bimbingan bagi pasangan calon pengantin. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengatakan, bimbingan pra nikah (Binwin) sangat efektif karena calon pengantin akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalani rumah tangga.

Dalam Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Angkatan I yang digagas oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung  bertempat di Aula KUA Kecamatan Kandangan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Saefudin mengungkapkan, KUA bertugas untuk melakukan bimbingan pra nikah dan juga pembinaan bagi keluarga setelah menikah, tingginya angka perceraian karena pasangan tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk menjalani rumah tangga.

“Program Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin sudah sering kami lakukan, namun Bimbingan Perkawinan Pra-Nikah yang kita selenggarakan kali ini merupakan penjabaran dari Program Nawacita Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Penyelenggaraan kegiatan ini bersumber dari dana pemerintah pusat melalui DIPA Kementerian Agama sehingga pelaksanaan kegiatan ini juga harus segera dilaporkan,” ungkap Saefudin saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (26/03).

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan Bimbingan Perkawinan diselenggarakan dengan tujuan mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah. Dengan keluarga yang harmonis dan kuat diharapkan akan terbentuk masyarakat yang kuat, bangsa yang kuat sehingga negara pun akan kuat guna mewujudkan negeri Indonesia yang Baldatun thayyibatun wa Robbun ghofur.

Pembekalan perkawinan pra-nikah tersebut sangat dibutuhkan, Ia juga berharap, para peserta dapat menjadi generasi yang kuat dan berkualitas sehingga dapat menjadi pionir landasan keluarga sakinah di Kabupaten Temanggung.

“Sebagai kegiatan prioritas, Binwin pra nikah merupakan solusi dalam rangka mewujudkan keluarga sakinah mawadah warohmah sekaligus mencegah terjadinya perceraian,” imbuhnya.

Sementara pembukaan Binwin pranikah angkatan I ini, yang dimoderatori Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Ahmad Sugijarto. Hadir pada kegiatan ini  Camat Kandangan, Syamsul Huda yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Perkawinan tersebut.  Dalam sambutannya, Camat  Kandangan memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Binwin, dan mengharapkan dan mendoakan kepada peserta Binwin bisa mewujudkan keluarga yang bahagia kekal hingga kakek-kakek dan nenek-nenek, artinya sekali nikah untuk selamanya.

Binwin angkatan I diikuti oleh calon pengantin dari  Kecamatan Kandangan yang dilaksanakan selama dua hari  mulai 26-27 Maret 2019 dan merupakan rangkaian kegiatan bimbingan perkawainan yang rencananya ada sebanyak 11 angkatan di tahun 2019. Setelah pembukaan, dilanjutkan materi yang disampaikan oleh pemateri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan hari kedua pemateri dari Puskesmas dan PLKB Kecamatan Kandangan. (sr/gt)