Cerdas, Santun dan Gembira, Modal Anak Bangsa Mencapai Kesuksesan

Karanganyar – Guna membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, kwartir ranting Tawangmangu mengadakan kegiatan Perkemahan 360 Hari di Bumi Perkemahan Cakrapahlawarsi Delingan Karanganyar. Kegiatan tingkat kabupaten yang dilaksanakan per kecamatan ini dimulai pada hari Jum’at, 5 Mei – 7 Mei 2017 dan diikuti oleh 470 pramuka penggalang dari siswa siswi madrasah dan sekolah umum se Kecamatan Tawangmangu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad yang didapuk menjadi pembina apel pembukaan perkemahan 360 hari ini mengatakan bahwa anak bangsa perlu mempersiapkan tahapan kehidupan yang akan dilaluinya sejak awal. Menurutnya hal tersebut sangat diperlukan pada saatnya nanti ketika telah menjadi orang dewasa.

“Tahapan yang akan kalian hadapi nanti perlu persiapan yang baik sejak awal. Untuk menghadapi itu, ada tiga hal yang perlu disiapkan, diantaranya adalah kecerdasan, kedua adalah kesantunan dan ketiga adalah kegembiraan”, kata Musta’in.

“Untuk membangun kecerdasan, cara paling mudah adalah dengan rajin membaca dan berkomunikasi. Cerdas saja tidak cukup, kehidupan ini pada akhirnya akan menghargai kesantunan, apalagi kita adalah orang timur yang memiliki nilai-nilai orang Indonesia. Dan modal yang ketiga adalah gembira, dengan kegembiraan kita dapat menumbuhkan sikap optimis”, tambah Kakak Pembina.

Musta’in Ahmad juga berpesan kepada para guru, pengasuh dan pembina untuk menciptakan suasana kegembiraan, tidak hanya dikegiatan ini saja melainkan juga dalam keseharian. “Jadikan ruang2 kelas kita menjadi tempat yang menarik, menyenangkan, dan menggembirakan bagi anak-anak kita, karena tumbuh kembangnya anak-anak kita sangat dipengaruhi oleh suasana yang gembira itu”, tandasnya.

Di akhir sambutannya Kakak Pembina berharap dalam kegiatan perkemahan 360 hari ini adik-adik penggalang dapat membangun harmoni dengan alam, harmoni sosial dan harmoni spiritual. Menurutnya dengan mampu membangun harmoni tersebut maka adik-adik penggalang sudah memiliki modal yang baik menghadapi tahapan kehidupannya nanti.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kakak Wakil Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Karanganyar yang juga Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Karanganyar, H. Ahmad Muhtadi, Kakak Ketua Kwartir Ranting Tawangmangu, Unsur Forkompinca, Danramil Tawangmangu dan Kepala UPT Tawangmangu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Perkemahan 360 Hari Kwartir Ranting Tawangmangu 2017, Sunanto mengatakan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan kemah ini adalah dalam rangka meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa serta meningkatkan disiplin, keteladanan mental, fisik serta semangat pantang menyerah sebagai generasi muda dalam ikut serta membangun masyarakat Indonesia. Ada 22 tenda penggalang putri dan 25 penggalang putra yang memenuhi Bumi Perkemahan Cakrapahlawasari, Delingan, Karanganyar tersebut.

Di akhir kegiatan Kepala Kemenag menyampaikan materi terkait kerukunan hidup umat beragama kepada adik-adik penggalang yang merupakan siswa-siswi madarasah dan sekolah umum se Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. (ida-hd/wul)