Cetak Generasi Penerus Yang Kuat Lahir Batin, Badko TPQ Adakan Festival Anak Sholeh

Wonogiri – Kegiatan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) adalah wujud nyata membentuk karakter anak sholeh, dimulai dari usia dini dengan penanaman pengetahuan Islami maupun umum, pendidikan akhlak, kedisilinan, keberanian, dan juga sikap sportifitas.

Festival Anak Sholeh tidak hanya sekedar mencari pemenang, tetapi lebih dari itu sebagai wahana membangkitkan potensi dan kreatifitas anak dengan memotivasi untuk mengembangkan diri dengan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.

Mencetak  generasi penerus yang kuat lahir batin, berkepribadian islami, serta mencintai agama Islam, Allah, Rasul dan seluruh ajarannya, harus dilakukan sedini mungkin. Dalam dunia pendidikan, anak dapat diibaratkan sebagai kertas putih yang belum ternoda, yang bisa ditulis dengan hal positif atau sebaliknya. Sehingga melalui ajang Festival Anak Sholeh Indonesia  (FASI)  diharapkan dapat mencetak generasi Islami yang berkarakter.

Hal tersebut di sampaikan Kepala KUA Kecamatan Eromoko, Sumaryono dalam acara pembukaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tahun 2018 Tingkat Kecamatan Eromoko, Minggu (14/10) di Pendopo Kecamatan Eromoko dan sekitarnya yang di ikuti santriwan-santriwati TKQ, TPQ dan TQA.

Bahwa penanaman sikap mental yang baik kepada anak merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam rangka membentuk generasi yang mempunyai sikap mental yang profesional untuk menjadi panutan serta tulang punggung bangsa dan negara.

”Pada kesempatan ini saya titip kepada para orang tua untuk memberikan edukasi yang benar bagi anak-anak agar menjadi panutan dan bekal yang benar bagi kehidupannya kelak sehingga tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berakhlak mulia, menjadi pemimpin-pemimpin yang mempunyai karakter dan integritas tinggi yang dibutuhkan oleh Wonogiri,” tegas Maryono.

Acara yang berlangsung sehari ini merupakan ajang media evaluasi santri di Kabupaten Wonogiri selanjutnya akan menjadi umpan balik perbaikan kurikulum pembelajaran, selain itu juga merupakan salah satu upaya meningkatkan fungsi dan peran TPQ di Kabupaten Wonogiri.

“Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) jangan cuma ceremonial saja tetapi untuk betul-betul di jadikan ajang karakter building dan silaturohmi ustadz dan santri TPQ sekaligus unjuk kebolehan, ajang kreatifitas dan bakat anak-anak muslim, yang didesain dalam bentuk aneka lomba dan keterampilan yang bernuansa islami,” imbuhnya.

Adapun beberapa lomba anatara lain untuk TKA (Taman Kanak Al Qur’an) di gelar lomba mewarnai gambar sedang TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an) di gelar lomba menggambar, Cerdas Cermat Al Qur’an (CCQ), Adzan dan Iqomat dan pidato bahasa Indonesia sedangkan TQA (Ta’limul Quran lil Aulad) di gelar lomba cerita kisah islami. (Mursyid___Heri)