Dalam Pembinaan ASN Kakanwil Ajak Tingkatkan Kinerja

BLORA – Semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama Bora sudah seharusnya meningkatkan kualitas kinerja dan kedisiplinan supaya pelyanan masyarakat bisa meningkat lebih baik lagi baik ASN Kemenag, Penyuluh, Penghulu, guru madrasah dan lainnya

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Tengah, Drs. Farhani, SH,MH pada acara Pembinaan  ASN Kemenag Blora kamis (13/7) di gedung SasANA Bhakti yang diikuti oleh sekitar 700 peserta  yang hadir baik ASN di lingkungan kemenag, Kepala Madrasah MI, IGRA, MTs, MA seKabupaten Blora.

Menurutnya saat ini Kemenag berdasarkan survei  riset merupakan Kementerian dengan kinerja rangking dua dari semua Kementerian yang ada  sehingga perlu kebersamaan untuk kinerja dan pelayanan yan ]g lebih baik, maka diharapkan sudah tidak ada pungli apapun agar fungsi pleyanan bisa lebih berjalan optimal.

Kinerja yang berkualitas di lingkungan Kemenag tersebut berhubungan erat dengan upaya membangun transparansi dan akuntabilitas sebagai ukuran penilaian instansi karena melalui laporan kinerja yang bisa dipertanggungjwabakan bagi publik, maka penilaian kinerja akan menjadi lebih baik lagi yang saat ini Kmenag sudah mendapat skor 52 yang cukup dan mrupakan rangking tiga dari semua Kementerian yang ada serta hasil penilaan reformasi birokrasi mencapai nilai 68, 14 sehingga mudah mudahan ada peningkatan kinerja.

Selain itu, Kakanwil juga mengingatkan kepada guru maupun pengawas madrasah untuk menjaga amanah yang diberikan dalam peningkatan kualitas pendidikan sebaik baiknya, dan meningkatkan kompetensi kepribadian bagi pribadi dan anak didiknya, jangan sampai dengan adanya Tunjangan profesi menyebabkan banyak kasus perselingkuhan namun justr memicu fasilitas peningkatan proses pembelajaran.

Begitu pula bagi para penyuluh hendaknya melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik baiknya sehinga masyarakat akan mendapatkan pencerahan mental dan agama dengan baik, serta kepala KUA  maupun penghulu agar menghindari adanya .gratifikasi dan meminimalkan aduan laporan dari masyarakat karena sudah tertuang dalam perpres nomer 87 tahun 2017 sehingga semua harus berhati hati karena masyarakat turut memantau kinerja Kemenag,

“jangan sampai terjadi manipulasi bedolan nikah dengan melaporkan data nikah di luar kantor menjadi di kantor karena ini bisa jadi masalah  dan memperburuk citra Kemenag”ungkapnya.

Farhani juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya bagi Kepala Kemenag Blora, Nurl Anwar dan stafnya yang meskipun baru empat bulan tapi sudah mempunyai program unggulan yang bermanfaat bagi pembangunan daerah dan diharapkan memberikan kualiatas kemudahan pelayanan yang meningkat bagi masyarakat Blora sehingga kinerja lebih indah daripada tahun sebelumnya.

Hal senada diungkapkan oleh kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar,SH,MH bahwa Kemenag Blora akan berusaha menerapkan program unggulan yang sudah didokumentasikan tersebut anatara lain pelayanan nikah satu atap, pelayanan haji satu atap, pendirian Ponpes Taubatan Nasuha di Lembaga pemasyarakatan Blora bagi narapidana, satu jam berjuang di madrasah, gerakan pensertifikatan tanah wakaf dan peresmian grup hadroh Ar Rahmah.

Selain itu, pihaknya juga akan menerapkan program sertifikasi halal, penataan pegawai dan reformasi birokasi  lainnya yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja ASN di lingkungan Kakemenag Blora.

“dengan kekompakan dan kebersamaan tim yang baik kami berharap dukungan berbagai pihak untuk mewujudkan visi misi kemenag dan memberikan pelayanan masyarakat Blora lebih baik lagi”paparnya.

Sementara itu, Bupati Blora melalui Kabag kesra Haryanto menyampaikan sangat mendukung dan mengapresiasi kinerja Kemenag Blora dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berharap akan bisa bermanfaat besar bagi kemaslahatan umat dan Pemkab siap bekerjsama dan bersinergi untuk pencapaian program yang baik tersebut.

Acara pembinaan yang berlangsung sejak pukul 9 pagi berjalan lancar dan tertib dan diikuti penuh antusias oleh seluruh peserta yang hadir. (ima/bd)