Dilarang Injak Rumput, Upacara Tetap Terselenggara Dengan Khidmat

Rembang — Tak seperti biasanya, pelaksanaan upacara kali ini diadakan di lapangan alun-alun Rembang dengan ketentuan khusus. Para peserta upacara diminta untuk tidak menginjak rumput yang ada di lapangan. 

Walhasil, pelaksanaan upacara HAB ke-73 pada Kamis (3/1/2019), diselenggarakan di trotoar pinggir alun-alun sebelah timur dan sepanjang jalan sebelah timur alun-alun. “Hal ini sesuai yang diperintahkan oleh pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Kawasan Permukiman dan Perumahan Kabupaten Rembang,” kata ketua panitia HAB, Damari.

Dalam surat itu disebutkan, peserta upacara dan semua pihak yang terlibat diminta untuk tidak menginjak rumput di kawasan alun-alun Rembang karena masih dalam tahap perawatan.

Panitia pun menaati aturan itu. Podium inspektur upacara dan tribun untuk tamu undangan menempati trotoar alun-alun, sementara peserta upacara berbaris di sepanjang jalan sebelah timur alun-alun.
“Formasi penataan peserta upacara tahun ini berubah dari tahun-tahun sebelumnya. Pelatih dari Polres dan Kodim telah membantu mengatur lokasi sedemikian rupa agar upacara tetap berjalan lancar dan khidmat,” kata koordinator upacara, Moh. Mukhson. 

Kerjasama berlanjut

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho'illah menyampaikan apresiasi kepada pelatih, polres dan Kodim yang setiap tahun berkenan menjadi pelatih upacara. “Kami harap kerjasama ini dapat berjalan seterusnya,” kata Atho'illah. 
Upacara ini diikuti oleh sekitar 1.500 peserta yang terdiri atas semua ASN Kemenag, Jajaran Forkompinda, pejabat dinas terkait, ketua organisasi keagamaan, tokoh lintas agama, dan undangan lainnya. — iq/bd