Direktur Urusan Dan Pendidikan Bimas Buddha Kemenag Ri Dan Bupati Jepararesmikan Purnapugar Vihara Muryantoro

Jepara – Direktur Urusan dan Pendidikan Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Bapak Supriyadi meresmikan Purna Pugar Vihara Muryantoro bersama Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Sutarso, Kepala Kementerian Agama yang diwakili Penyuluh Agama Buddha Suharwo dan Ketua FKUB Mashudi. Vihara Muryantoro yang berada di lereng gunung muria tepatnya di Dukuh. Gronggong Ds. Tanjung Kec. Pakis Aji Kab. Jepara telah ada sejak tahun 1970-an kemudian di lakukan pemugaran dan hari minggu tanggal 16 Juli 2017 dilaksanakan peresmian Purna Pugar Vihara tersebut.

Peresmian di tandai dengan penendatanganan Prasasti dan pengguntingan pita oleh Direktur Urusan dan Pendidikan Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI Supriyadi bersama Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Dalam sambutannya, Supriyadi berpesan bahwa vihara mempunyai fungsi : sebagai tempat pembinaan diri serta melatih diri hingga mencapai pencerahan, sebagai tempat pemberdayaan umat, sebagai sarana pendidikan, sebagai sarana pengembangan kesenian Buddhis.

Selanjutnya Supriyadi mengajak kepada segenap umat Buddha untuk bersama-sama Menjaga kerukunan antara sesama umat Buddha, kerukunan umat Buddha dengan umat lain, umat Buddha dengan pemerintah sehingga membawa iklim sejuk dalam masyarakat. Dengan di selesaikannya pembangunan Vihara diharapkan diikuti dengan perbaikan menagemen Vihara serta memaksimalkan potensi vihara.

Bapak K.H. Ahmad Marzuqi Menyampaikan terima kasih kepada semua danatur dan simpatisan yang telah ikut membantu dalam proses pembangunan vihara Muryantoro sehingga menghasilkan bangunan yang megah. Disamping itu beliau mengajak kepada segenap hadirin untuk ikut menjaga empat pilar kebangsaan yaitu : Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika sehingga dapat terwujud masyarakat yang rukun dan tenteram. Vihara memiliki fungsi sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa.

YM. Bhiksuni Virya Guna Maha Stavira mengajak segenap pengurus vihara beserta umat untuk menjaga kerukunan intern dan juga menyapaikan bahwa vihara selain memiliki fungsi untuk pengembangan spiritual juga berfungsi sebagai tempat pendidikan.

Acara Peresmian Purnapugar Vihara Muryantoro di hadiri oleh Bhikku/Bhiksuni Sangha, Direktur Urusan dan Pendidikan Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Bupati Jepara, Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Ketua FKUB Kab. Jepara, Tokoh Lintas agama, tokoh umat Buddha dan ribuan umat Buddha dari wilayah kabupaten Jepara dan Pati.9JPR/bd)