Dongkrak peningkatan kualitas pengelolaan pesantren melalui aplikasi SIMAPES

Blora – Di tengah kemajuan zaman yang serba digital ini, peningkatkan mutu pendidikan Islam di lingkungan pondok pesantren merupakan hal penting yang tidak bisa ditawar lagi. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengimplementasikan program kerja adalah dengan menyelenggarakan kegiatan yang dapat menjaring langsung terhadap lembaga-lembaga terkait seperti madrasah dan pondok pesantren.

Seperti yang dilakukan oleh Bidang Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan Rabithatul Maahid al-Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI-NU) Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Al Hikmah untuk menyelenggarakan Workshop Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren (SIMAPES) pada 1 Maret 2015 di Pondok Pesantren Al Hikmah Ngadipurwo Blora, yang diikuti oleh tenaga administrasi pondok pesantren se-Karesidenan Pati.

Workshop tersebut memperkenalkan sistem aplikasi berbasis komputer sebagai salah satu instrumen dalam pengembangan sistem administrasi pondok pesantren kepada para peserta khususnya tenaga administrasi pondok pesantren. Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren (SIMAPES) ini menyediakan fasilitas sistem informasi santri berikut modul modul administrasi harian pesantren seperti rekam nilai, data alumni, kegiatan, pengelolaan keuangan, manajemen kamar santri, dan lain-lain.

M. Ni’am Sutarman, Lc, LLM, M.Ph salah satu pemateri menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat membantu pesantren dalam pengelolaan sistem informasi dengan baik sekaligus mengajak pesantren memulai budaya digital yang merupakan tuntutan zaman saat ini dan di masa mendatang. Oleh karenanya, aplikasi SIMAPES hanya dapat dimanfaatkan secara optimal jika mendapat respon yang positif dan ada kemauan pondok pesantren untuk mengembangkan sistem serupa sehingga dapat terwujud sistem aplikasi yang memenuhi kebutuhan pesantren dengan segala keragamanya.

Program SIMAPES di susun team Pesantren Virtual agar dapat memudahkan pondok pesantren dalam mengelola manajemen santri dan membangun database santri yang lebih sistematis dan komprehensif serta membangun tata kelola pendidikan modern dan berbasis informasi teknologi khususnya dunia pondok pesantren. Program ini berbasis Web yang menekankan kemudahan dan penyederhanaan yang bersifat frendly bagi Pondok Pesantren sehingga bisa dijalankan secara offline maupun Online.

Program ini mempunyai beberapa ruang yang diantaranya 1. Ruang PSB (Penerimaan Santri Baru) yang memuat tentang proses penerimaan dan penempatan kelas santri 2. Ruang Kesiswaan yang didalamnya menampilka data santri aktif yang dilengkapi dengan filter dan mesin pencari untuk mempermudah pencarian santri berdasarkan kriteria. 3. Ruang Akademik ini memuat kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pondok pesantren serta catatan-catatan kejadian penting yang dialami santri bersifat positif dan negatif. 4. Ruang Keuangan digunakan untuk mecatat transaksi keuangan santri dan mencetak kuitansi atas pembayaran yang dilakukan oleh santri 5. Ruang Alumni berisi data alumni santri yang sudah lulus maupun keluar dari pondok pesantren. 6. Ruang Santri adalah ruang yang memberikan informasi kepada santri untuk dapat melihat prestasi maupun perkembangan akademik dengan menggunakan login Nomor Induk Santri dan Pasword yang sudah diseting dalam ruang ini. Jika SIMAPES di-Onlinekan, ruang santri ini dapat digunakan orang tua untuk memantau perkembangan pendidikan anaknya. (Khoyin)