Tangkal Radikalisme Siswa, Seksi PAIS Adakan Pembinaan ROHIS

Jepara – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara dalam hal ini  diprakarsai Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) mengadakan Pembinaan Kerohanian Islam (ROHIS) bagi siswa SMA dan SMK se-Kab. Jepara dengan mengambil tema “Penguatan Wawasan Islam Rohmatan Lil ‘Alamin dan Multikultural Bagi Siswa SMA dan SMK se-Kab. Jepara” di Aula Lantai 1 Kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Teluk Awur Jepara, Rabu (14/02).

Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Kementerian Agama beserta Kasi dan Penyelenggara, serta siswa dan siswi perwakilan dari SMA atau SMK se-kab. Jepara.

Ketua panitia acara sekaligus Kasi Pendidikan Agama Islam, Djalal Suyuthi, mengatakan, Acara tersebut diikuti kurang lebih 40 pelajar dari SMA/SMK se-Kabupaten Jepara.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Jepara, Nor Rosyid, menyampaikan materi dasar-dasar kepemimpinan kerohanian Islam (ROHIS); Pengawas PAI SMK, Nor Khamid, menyampaikan tentang Radikalisme, penyampaian ajaran Islam di Indonesia yang multikultural; dan yang terakhir yakni, Pengawas PAI SMA, Noor Yadi, menyampaikan penanaman Nasionalisme pada siswa SMA dan SMK.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, dalam paparannya menjelaskan Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT untuk dijadikan rahmat bagi alam semesta, sebagaimana termaktub dalam Al Qur’an surat Al-Anbiya ayat 107 yang artinya “dan kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Islam adalah agama yang cinta damai, jangan sampai para generasi penerus bangsa ini mau disusupi paham/aliran yang menyesatkan, juga narkoba. Menegakkan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, bukan berarti disikapi dengan fanatik buta. Tetapi harus dilakukan dengan semangat toleransi, kerukunan serta kedamaian. Karena agama Islam mengajarkan keselamatan kepada semua orang, tanpa harus mengkotak-kotakkan satu dengan yang lain. Kualitas amal dan ibadah harus terus ditingkatkan agar keislaman kita semakin baik dan bermanfaat bagi banyak orang” tegas Nor Rosyid di akhir sambutannya. (fm/bd)