Evaluasi Pelaksanaan ZI, Kemenag Gelar Rakor

Semarang — Kankemenag Kota Semarang semakin memantapkan diri dalam menghadapi PMPZI tahun 2022. Pada Selasa (16/11) digelar Rakor Tim ZI di aula setempat untuk kesekian kalinya.

Rakor kali ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana progres dari masing-masing Pokja dalam mempersiapkan eviden dalam aplikasi PMPZI. Kegiatan rakor monitoring dan evaluasi (monev) ini rutin diselenggarakan setiap minggu. Tujuannya  tidak hanya untuk mengetahui progres pada masing-masing Pokja, tetapi juga untuk mengetahui kendala atau hambatan dari masing-masing Pokja dalam memenuhi eviden penilaian.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Kota Semarang Mukhlis Abdillah.  “Kegiatan monev ini tidak hanya sekedar terkait pemenuhan eviden pada PMPZI, tetapi lebih kepada monev terhadap pelaksanaan tusi pada masing-masing unit kerja. Apakah sudah sesuai dengan standar operasionalnya dan sudah sesuai belum dengan standar layanannya. Kita harus melakukan peruban menuju pelayanan prima dalam pelaksanaan tusi sehari-hari,” jelas Mukhlis Abdillah.

Ada 30 peserta pada kegiatan rakor hari ini. Pserta terbagi dalam 6 Pokja yaitu Pokja Manajemen Perubahan, Pokja Penataan Tatalaksana, Pokja Penataan Sistem Manajemen SDM, Pokja Penguatan Akuntabilitas, Pokja Pengawasan dan Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Fatkhuronji selaku ketua Pokja Penguatan Akuntabilitas mengusulkan agar penataan tempat duduk dibuat melingkar per Pokja agar lebih efektif.

“Tempat duduk diatur per Pokja saja supaya lebih efektif dan mudah bagi masing-masing Pokja dalam berkoordinasi,” ucap Fatkhuronji.

Melalui forum ini pula, Mukhlis menantang kepada Prakom untuk bisa membuatkan inovasi layanan berbasis IT. Hal ini mengingat saat ini adalah era digital informasi. Masyarakat menuntut pelayanan yang serba mudah dan cepat.

“Tidak hanya mudah prosedurnya, cepat prosesnya tetapi masyarakat juga menuntut mudah dalam mengakses dalam menerima layanan dari Kemenag Kota Semarang. Saya menantang Prakom untuk bisa mengakomodir inovasi layanan dari masing-masing satker,” kata Mukhlis.

Arya Maulana selaku Prakom pada Kankemenag Kota Semarang menyatakan siap melaksanakan tantang tersebut. Dia memohon bantuan kerja sama dari seluruh unit kerja guna terwujudnya inovasi tersebut. –nova/iq/bd