Evaluasi Siswa, MAN Blora Gelar Penilaian Akhir Semester (PAS)Gasal

Blora – Untuk mengevaluasi proses belajar mengajar, maka berdasarkan Kalender Akademik Tahun Pelajaran 2018/2019, MAN Blora melaksanakan Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal bagi kelas X, XI dan XII yang sudah berjalan mulai Senin, tanggal 26 Nopember – 4 Desember 2018 dan berjalan lancar .

Kepala MAN Blora, Drs. H. Amiruddin Aziz, M.Pd. Melalui Waka Kurikulum MAN Blora, Yuni Dewi Lestari menjelaskan bahwa Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal merupakan tahap akhir dalam menyelesaikan proses pembelajaran selama satu semester di jenjang kelas yang sedang diduduki dalam satu semester.

Pelaksanaannya dilakukan pada jam kegiatan belajar mengajar seperti biasa, namun untuk materi pelajarannya rata-rata hanya 2 mapel per hari. Kegiatan penilaian ini diselenggarakan dalam rangka untuk mengetahui hasil kegiatan belajar siswa selama satu semester gasal (6 Bulan) siswa/siswi MAN Blora. Selain tujuan tersebut kegiatan penilaian ini juga bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami siswa.

Menurutnya, pelaksanaan ulangan semester gasal di madrasah saat ini telah berjalan baik dan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan dalam penilaian semester terutama dalam hal ketuntasan belajar, setiap siswa harus mencapai nilai KKM. Hal ini sangat penting diperhatikan oleh siswa karena nilai semester gasal tidak boleh ada yang tidak tuntas.

Ujian diikuti oleh 892 peserta, yang terdiri dari peserta kelas X = 257 siswa, kelas XI = 263 siswa dan kelas XII = 372 siswa. Dalam sehari ada 2-3 pelajaran yang diujikan untuk setiap gelombang, dimulai pada pukul 07.30 WIB – selesai.

Hasil penilaian ulangan semester gasal dihitung bersama dengan nilai ulangan harian dan tugas untuk menentukan nilai kognitif, sedangkan nilai afektif dan psikomotor menggunakan kriteria tersendiri sesuai kebijakan guru biang study masing-masing.

Usai penilaian akhir semester gasal maka akan dilanjutkan dengan kegiatan Remedial tanggal 5 s/d 8 Desember dan dilanjutkan dengan pembagian Laporan Hasil Belajar/Raport.

“kami berharap siswa akan dapat mengerjakan ujian dengan baik dan lancar dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan dan prestasi yang baik”paparnya serius (umi/ima/bd)