FKPAI Tawangsari Bersinergi dengan Takmir Masjid Salurkan Bantuan untuk Kaum Dhuafa

Sukoharjo – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI)  Kecamatan Tawangsari menggandeng UPZ Kemenag dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sukoharjo untuk mengadakan kegiatan Kajian Silaturahmi dan sinergi bersama takmir masjid Nurul Huda Ponowaren Tawangsari, Rabu(05/05) pukul 16.00 – 17.00 Wib.

Murwanto, penyuluh non PNS yang ditunjuk untuk menjadi ketua panitia dalam kegiatan tersebut menyebutkan ada bantuan dari UPZ kemenag berupa 35 paket sembako yang akan disalurkan kepada kaum dhuafa jamaah masjid, uang tunai masing-masing sebesar Rp. 250.000,- untuk lima marbot masjid dan lima buah mushaf Al Qur’an khusus bagi Masjid Nurul Huda.

Selain itu Murwanto juga mencatat bantuan dari Dewan Masjid Indonesia untuk takmir Masjid se-Kecamatan tawangsari berupa masker, sticker dan pamflet gerakan 5 M. Pihak Takmir masjid pun tidak mau ketinggalan dengan ikut berpartisipasi memberikan bantuan berupa 15 paket sembako kepada jamaahnya yang termasuk dalam golongan dhuafa.

“ Selain menyalurkan bantuan tersebut kepada yang berhak, tentunya kami juga mengadakan pengajian Ramadhan yang langsung di sampaikan oleh Pak Agus Ridwan Widodo selaku Kepala KUA Tawang sari, ” terang murwanto. “ Dikarenakan pandemi virus korona yang masih belum berakhir kegiatan buka puasa bersama ditiadakan, namun demikian jamaah bisa membawa pulang takjil yang telah kami persiapkan” tambahnya lagi.

Sementara itu Kepala Desa Ponowaren yang diwakili Kadus IV, Purwanto menyambut baik kegiatan itu dan mengapresiasi FKPAI yang telah bekerjakeras mengadakan kegiatan tersebut. Pihaknya memaklumi karena situasi dan kondisi terlebih meningkatnya kembali wabah pandemi sekarang ini, jadi acara di selengarakan sederhana dan secara simbolis untuk selanjutnya bantuan akan diserahkan langsung ke kelurahan lain oleh penyuluh agama islam sekalian mensosialisasikan ketakmir-takmir masjid berkaitan dengan prokes 5M ia juga berharap kegiatan tersebut menjadi motivasi bagi pemerintah untuk memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Pada kesempatan yang sama, Penyuluh Agama Fungsional Kecamatan Tawangsari, Arifatul Hidayah  mewakili ketua pokjaluh Kabupaten Sukoharjo menerangkan sosialisasi prokes 5M yang harus senantiasa dilaksanakan dengan disiplin, selain itu ia juga berharap kekompakan dan kerjasama antar penyuluh agar senantiasa terjaga dan terjalin dengan baik.

 “Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama penyuluh agama islam baik fungsional maupun PAN PNS, saya bangga atas kinerja dan kebersamaan serta sinergi antara penyuluh agama Islam Kecamatan Tawangsari dan juga  sinergi yg terbangun dengan takmir masjid ini, mohon dijaga kerukunan dan kekompakan serta kerjasama yang baik ini,” ujar Arifatul Hidayah menutup sambutannya.

Di penghujung acara, sebelum pembagian bantuan secara simbolis kepada duafa dan marbot masjid, Kepala KUA Kecamatan Tawang sari Agus Ridwan Widodo memberikan tausiyah yang menyitir beberapa ayat dan hadist berkaitan keikhlasan dan ketaatan dilanjutkan dengan doa sekaligus menutup acara silaturahim ini. (ah/djp/rf)