Gedung Baru, Pelayanan Haji Mudah dan Nyaman

Ungaran – Bupati Semarang Mundjirin secara resmi melaunching penggunaan gedung pelayanan pendaftaran haji satu atap Kantor Kementerian Agama KabupatenSemarang di Halaman Kantor setempat, Selasa (03/07).

Gedung baru yang berada di komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang ini nantinya akan digunakan oleh tujuh Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) yakni BRI Syari’ah, Bank Syari’ah Mandiri (BSM), BNI Syari’ah, CIMB Niaga Syari’ah, Bank Jateng Syariah, Bank Muamalat dan Bank Mega Syari’ah yang dalam menerima setoran awal BPIH akan dijadwal tiap harinya.

Dengan diresmikannya gedung pelayanan pendaftaran haji satu atap ini, Mundjirin berharap agar masyarakat Kabupaten Semarang semakin mudah dalam mewujudkan keinginannya untuk berhaji.

“Bayangkan jika warga yang rumahnya di ujung Kabupaten Semarang harus bolak-balik ke kantor Kemenag lalu ke Bank dan Kemenag lagi, tentu akan sangat kerepotan. Disamping itu, tidak ada yang menjamin keamanannya bila harus membawa uang setoran BPIH kemana-mana,” ungkap Mundjirin.

Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang yakni dalam mewujudkan pelayanan pendaftaran haji yang berada dalam satu atap.

“Bukan persoalan besar dan kecilnya gedung, yang terpenting adalah masyarakat Kabupaten Semarang mendapatkan pelayanan haji yang semakin cepat, mudah dan nyaman,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang Muhdi, menginformasikan bahwa makin tahun, makin panjang masa tunggu keberangkatan haji. Dan untuk tahun ini waiting list nya sudah mencapai 21 tahun.  Meski demikian, makin banyak pula antusiasme masyarakat Kabupaten Semarang yang mendaftar. Karenanya, dengan pelayanan pendaftaran haji satu atap Kankemenag Kab.Semarang ini, para calon jemaah haji akan lebih efektif dan efisien waktu dalam melakukan pendaftaran haji.

“Cukup sekali datang ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Insya Allah paling lama satu jam sudah bisa pulang dan mendapatkan nomor porsi,” jelasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, ketua DPRD Kab.Semarang, ketua MUI, ketua FKUB, ketua BAZNAS, ketua FK KBIH serta Camat se-Kabupaten Semarang.

Usai peresmian, kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. (shl/gt)