Gelar Pembinaan MTQ, Kemenag Siapkan Generasi Unggul Pegiat MTQ

Rembang – Kabupaten Rembang sebagai kota santri mempunyai potensi yang besar dalam mencetak generasi Alquran. Beberapa santri pun sudah mempunyai potensi untuk lebih dikembangkan lagi guna mensyiarkan Islam.

Karena itu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengadakan pelatihan MTQ  pada Rabu (17/11/2021) di Hotel Fave Rembang. Acara ini menghadirkan narasumber pelatih MTQ yang sangat berkompeten, yaitu KH Atho’illah, KH Sulaiman Al Hafidz dan KH Jamaluddin.

Kegiatan ini diikuti oleh 39 peserta. Mereka adalah para juara MTQ tingkat Kabupaten Rembang, pelatih tilawah dan pegiat MTQ di tingkat Kecamatan.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Ali Muchyidin mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk mempersiapkan generasi/calon peserta MTQ, baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi Jawa Tengah.

“Sudah setahun lebih kegiatan MTQ mandul karena pandemi. Hari ini kita mulai lagi untuk menggeliatkan MTQ dan mensyiarkan Islam. Juga untuk membangkitkan kembali semangat mereka dalam mensyiarkan Alquran,” ujar Ali.

KH Atho’illahTantangan dan Strategi Pengembangan Tilawatil Qur’an di Kabupaten Rembang.Sementara KH Sulaiman al Hafidz menyampaikan tentang kiat-kiat sukses menghafal Alquran. Sementara Jamaluddin (Pembina Tilawah LPTQ Kabupaten Rembang) memaparkan tentang Pedoman Tilawatil Quran.

Para peserta juga diminta langsung untuk mempraktikkan tilawah dan tahfidz yang baik dan benar, dipandu oleh para narasumber. — mukhlisin