Gelar Pertemuan Demi Suksesnya MATSAMA

Tegal (Slawi) – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan MATSAMA selain dilaksanakan oleh bidang kesiswaan, pengurus OSIS juga berperan membantu terselenggaranya kegiatan tersebut.

Sehingga pada Rabu pagi (04/07), segenap jajaran pengurus OSIS MTs Negeri 2 Tegal menggelar pertemuan bertempat di madrasah, membahas penyelenggaraan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2018/2019.

Menyadari pentingnya pertemuan ini, Ketua OSIS MTs. Negeri 2 Tegal Jelita Arinal Haq mengungkapkan, bahwa pertemuan ini dilaksanakan agar seluruh pengurus OSIS yang nantinya bertugas, memiliki kesamaan dalam menyampaikan visi misi mardasah, mengenalkan lingkungan madrasah, dan mendorong peserta didik baru untuk bersikap proaktif dalam mengenal seluruh warga madrasah.

“Sekalipun masih dalam masa liburan, pertemuan ini penting kami gelar untuk lebih mempersiapkan pengurus OSIS agar kegiatan MATSAMA berjalan lancar dan sukses. Walaupun sampai saat ini pedoman resminya belum ada, sementara kami memakai pedoman MATSAMA tahun lalu, toh sepertinya bakal tidak jauh beda,” katanya ditemui sesaat sebelum acara dimulai.

Ditambahkan Jelita, tujuan lain MATSAMA diantaranya memotivasi peserta didik baru agar merasa bangga terhadap madrasah yang dipilihnya, sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan-aturan madrasah yang baru dengan baik.

Oleh karenanya, dalam pertemuan ini Ia juga menghimbau kepada seluruh pengurus osis agar memberikan teladan yang bagus kepada peserta didik baru, salah satunya dengan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan ketika menyampaikan materi.

“Mereka (peserta didik baru-red) tergantung kita. Jika kita memberikan contoh yang baik, Insya Allah mereka mengikutinya juga. Tapi sebaliknya, kalau contoh yang kurang baik dilihat oleh mereka, ya apa artinya kegiatan MATSAMA ini digelar,” pungkasnya.

Ditemui di waktu yang sama, wakil kepala urusan kesiswaan Samsudin mengapresiasi kegiatan pertemuan ini. Sebab, MATSAMA amat penting bagi peserta didik baru, agar lebih mengenal lingkungan dan seluruh civitas akademika madrasah.

“Kami apresiasi atas inisiatif dari OSIS ini, karena salah satu tujuan MATSAMA mengenalkan lingkungan baru kepada peserta didik yang telah resmi diterima disini. Sehingga kedepannya, melalui materi yang diberikan saat MATSAMA, aktifitas kegiatan belajar mengajar serta¬†aktifitas lainnya dapat berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di madrasah yang kita banggakan ini,” singkatnya. (akb/rf)