GEMBIRA Adalah Gebrakan Penyuluh Agama Islam Untuk Mengajak Masyarakat Peduli Kebersihan Tempat Ibadah

Batang – Sebagai bentuk realisasi dari program GEMBIRA (Gerakan Masjid Musholla Bersih Indah Rapi  dan Aman) Penyuluh Agama Islam kecamatan Tulis 1 melakukan aksinya di Masjid Al Hidayah dukuh Wonorejo Desa Kenconorejo kecamatan Tulis pada Jumat (4/06) kemarin. Kegiatan ini merupakan program Selapanan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tulis 1, yang diikuti oleh seluruh Penyuluh Agama Islam baik Penyuluh Fungsional maupun Penyuluh Non-PNS.

Kepala KUA Kecamatan Tulis 1 H. Ahmad Nurfatoni, dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan GEMBIRA yang masih dijalankan oleh para penyuluh itu merupakan kegiatan yang khas dari para penyuluh, maka dirinya sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan itu.

“ Alhamdulillah, kegiatan GEMBIRA Penyuluh Agama Islam Kec. Tulis masih rutin dilaksanakan, disamping bertujuan untuk membersihkan tempat ibadah, dengan kegiatan ini para penyuluh agama Islam menjadi lebih dekat kepada masyarakat, sebagai wujud pengabdian dalam bidang sosial kemasyarakatan,” kata H.A,Nur Fatoni.

Dia menambahkan bahwa kegiatan yang baik itu benar-benar deprogram secara matang, sehingga dapat menyasar diseluruh wilayah kecamatan Tulis, bila itu deplaning secara seksama sebenarnya itu akan dapat menjadi media dakwah dan penyuluhan bagi para penyuluh.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan semangat kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, terutama di lingkungan masjid dan musholla, saya berpikir bila kegiatan GEMBIRA itu dimanage dengan baik, perencanaan serta pelaksanaan secara terencana maka akan menjadi media dakwah dan penyuluhan bagi para penyuluh,” tambahnya.

Sementara itu Dewi Aminah, koordinator penyuluh Agama Islam kecamatan Tulis 1 dalam keterangannya menyatakan bahwa Kegiatan GEMBIRA ini merupakan program Unggulan Penyuluh Agama Islam kec. Tulis 1 sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk memakmurkan Masjid/musholla dengan membersihkan masjid Musholla bersama-sama.

“Program GEMBIRA ini adalah program unggulan dari penyuluh kecamatan Tulis 1,maka dalam pelaksanaanya para penyluh secara sungguh-sungguh dalam perencanaan dan pelaksanaan dilapangan,“ kata Dewi.

Dia menambahkan salah satu tujuan dari program ini adalah  menciptakan Masjid/Musholla yang bersih Indah Rapi dan Aman. Karena Kebersihan sebagian dari Iman.

Ketua Takmir Masjid Al-Hidayah Andirin dan Masyarakat dukuh Wonorejo sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan ada beberapa masyarakat  juga ikut turun tangan dan membawa alat kebersihan untuk mengikuti kegiatan GEMBIRA di Masjid Al-Hidayah Wonorejo ini.

“Saya sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Penyuluh Agama Islam maupun Masyarakat Wonorejo, semoga kegiatan seperti ini bisa Istiqomah, serta menjadi contoh bagi seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dimana saja, khususnya kebersihan Masjid dan Musholla,” pungkasnya. (ikhwanuddin / Zy )