Gerakan Literasi untuk Siswa dan Guru MIN 1 Sukoharjo “Ayo Membaca” bersama Solopos

SUKOHARJO, Sabtu, 29 September 2018,  MIN 1 Sukoharjo bekerjasama dengan  Solopos mengadakan kegiatan “Ayo Membaca” untuk seluruh siswa dari kelas 1 – 6 serta  guru MIN 1 Sukoharjo. Kegiatan yang berlangsung di halaman MIN 1 Sukoharjo ini dimaksudkan untuk mengajak  warga sekolah agar ikut aktif dalam meningkatkan budaya membaca.  

Ayo Membaca Solopos merupakan program Solopos untuk membudayakan membaca dikalangan pelajar. Sebelum acara dimulai tim “Ayo Membaca” Solopos disambut dengan tampilan marchingband MIN 1 Sukoharjo.  Dipandu oleh seorang Master of Ceremony(MC) dari Solopos, tepat pukul 08.30 acara dimulai. Diawali dengan tilawah Al Qur’an oleh Alifah Rahmatul Jannah siswa kelas 3 PK.

Kepala MIN 1 Sukoharjo Umi Salasatun yang berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan pentingnya membaca, sebagaimana dijelaskan didalam Al Qur’an surat Al-Alaq ayat 1-5. Manfaat membaca salah satunya adalah untuk memperluas wawasan dan merupakan cara untuk mendapatkan informasi yang ditulis. “Karena informasi yang paling mudah untuk kita peroleh adalah melalui bacaan baik Qur’an, Koran, Majalah  dan lain-lain” kata Umi.

Literasi adalah kemampuan dan ketrampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mendorong semangat siswa MIN 1 Sukoharjo khususnya agar menyukai membaca ”, lanjutnya.

Selepas sambutan dari Kepala Madrasah, peserta didik dibagikan Koran Solopos satu persatu untuk dibaca, peserta didik diberikan kesempatan membaca Solopos selama 5 menit dan diminta untuk memceritakan kembali berita yang telah mereka baca. Perwakilan dari masing-masing kelas maju  untuk menceritakan apa yang sudah mereka baca. Siswa kelas satu cukup berani menyampaikan apa yang sudah dibacanya yaitu tentang pemilihan presiden, dari kelas lima pentingnya menggosok gigi, tenaga honorer,  serta kasus kriminal yang terjadi di Sukoharjo yang disampaikan siswi dari kelas 4.

Secara keseluruhan anak-anak MIN 1 Sukoharjo mampu menceritakan atau menyampaikan kembali informasi yang sudah dibaca. Setelah sesi bercerita, ada sesi Kuis. Uniknya, pertanyaan kuis sudah terpajang di Koran Solopos yang terbit di hari tersebut. Secara berebut peserta didik berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh MC sebagai apresiasi Solopos menyediakan goodie bag bagi yang berhasil menjawab kuis tersebut.

 Sebagai acara penutup dari rangkaian kegiatan, seusai sesi membaca bersama dan bermain kuis, para siswa disuguhi oleh tampilan kebolehan teman-teman mereka di atas panggung.  Ada tampilan tahfidz surat Al-Mulk, puisi, tari mundong, taekwondo menyanyi dan ditutup dengan doa yang ditujukan  untuk saudara-saudara kita di donggala, palu yang baru tertimpa musibah gempa. (Humas MIN 1 Sukoharjo/bd)