Gerakan Pembuatan Poster Digital, Penguasaan TIK Bagi Penyuluh Adalah Sebuah Keharusan

Banjarnegara – Direktur Penerangan Agama Islam mengeluarkan surat perihal Gerakan Pembuatan Poster Digital atau Flyer Bimbingan dan Penyuluhan Agama Islam oleh Penyuluh Agama Islam. Surat tersebut merupakan tindak lanjut SE Dirjen Bimas Islam nomor B1673/DJIII/HK.00.7/05/2021 tentang Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Pelaksanaan Bimbingann dan/atau Penyuluhan Agama Islam kapada para Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun non PNS.

Menyikapi hal tersebut, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Pejawaran, Agus Salam A.Z menekankan kepada semua Penyuluh Agama Islam Non PNS di wilayah Kecamatan Pejawaran yang berjumlah 8 orang untuk segera bergerak.

“Dengan maraknya tagar #penyuluhbergerak, segeralah kita bergerak menindak lanjuti Gerakan Pembuatan Poster Digital ini. Mari kita isi dan ramaikan akun media sosial kita dengan poster-poster dakwah yang menyejukkan secara masif,” ungkap Agus pada acara pertemuan rutin Forum Komunikasi Panyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Pejawaran di Giritirta, Pejawaran, Senin (25/10/2021).

“Kita hidup di zaman yang begitu cepat bergerak, maka kita harus bisa mengimbanginya. Kita semua punya akun media sosial, maka manfaatkanlah untuk media dakwah, terlebih di masa pandemi ini dimana kegiatan tatap muka masih dibatasi. Tidak ada kata sulit kalau kita mau belajar. Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah keharusan bagi seorang penyuluh,” sambung Agus.

Selanjutnya Agus memberikan materi praktik membuat poster digital atau flyer dengan program Canva. Dengan media laptop dan LCD proyektor yang disorot ke tembok, Agus menyampaikan materi mulai dari masuk ke akun Canva sampai dengan membuat desain sederhana. Peserta rakor mengikuti pelatihan dasar pembuatan poster digital ini dengan menggunakan hape android.

Antusiasme tampak dari semua peserta yang hadir. Beberapa langsung bisa menampilkan hasil karya sederhananya yang dikirim di grup WA untuk di kritisi bersama sama di forum ini.

Ketua FKPAI Kecamatan Pejawaran yang juga sebagai tuan rumah, Alhidayat merasa sangat terbantu dengan pelatihan singkat ini. “Dengan pelatihan singkat Canva ini, kami merasa sangat terbantu untuk gerakan pembuatan poster digital. Yang jelas kami sudah diberikan dasar dan pengenalan untuk penggunaan program Canva. Selanjutnya masing-masing penyuluh akan meningkatkan kemampuannya sendiri karena program ini bisa dioperasikan di hp android”, pungkasnya. (az/ak/rf)