Grup Nasyid MAN 2 Kota Semarang, Prestasi Tiada Henti

Semarang – Galaxy, itulah nama sebuah grup nasyid beranggotakan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Semarang. Grup yang didirikan pada akhir tahun 2016 ini awalnya dibentuk sebagai wadah para siswa madrasah yang mempunyai talenta muda muslim dan aktif di organisasi ketakmiran masjid MAN 2. Mereka bersuara bagus dalam mengaji Al Qur’an, mengumandangkan azan salat dan merdu ketika bersenandung sholawat. Agar dapat diberdayakan dengan baik, pihak madrasah memfasilitasi dengan membentuk sebuah grup nasyid melalui kegiatan ekstrakurikuler.

“Semula hanya beranggotakan 7 siswa yang latihan tanpa pelatih. Jika siswa akan tampil hanya mencontoh dari youtube. Sekarang anggota yang tergabung dalam Galaxy (laki-laki) dan Srikandi Nasyid (Perempuan) semuanya berjumlah 25 anggota,” papar Ahmad Riyatno guru MAN 2 selaku pendamping dan manajer grup ini.

Ia menjelaskan, latihan secara rutin dilaksanakan seminggu sekali kecuali jika akan mengikuti lomba, latihan dilakukan lebih intensif. “Pelatihnya Hari Nugraha (Awan Voice-grup nasyid nasional yang pernah berkiprah di acara X-FACTOR Helmy Sutta), entertain nasyid nasional yang namanya juga kondang di dunia pernasyidan Nasional,” ujarnya.

Ekskul yang belum berusia setahun ini telah berhasil menyabet 4 trophy di tingkat Semarang dan Jawa Tengah. Beberapa kejuaraan kompetisi yang pernah diikuti antara lain, juara 1 lomba di Unisbank (2016), Juara 1 lomba di Politeknik Ilmu Pelayaran, juara 2 di Unissula, juara 3 di Politeknik Undip (kalah dengan Al-Firdaus dari Unissula, juara Nasyid Perguruan Tinggi se-Asia).

Prestasi kejuaraan terakhir diperoleh pada lomba Nasyid antar SMA/MA tingkat nasional yang diadakan oleh panitia Ramadan di Masjid Shalahuddin kampus Universitas Gajah Mada Jogjakarta (27/05) lalu.

Wakil Kepala Madrasah Zahri Johan menuturkan, Tim Galaxy Nasyid digawangi 6 siswa berlatenta yaitu Aden (Vocal), Haykal (Big box, Vocal), Fahmi (Bas), Labeb, Geovani dan Aji (penyelaras). Di babak penyisihan, peserta dari seluruh Indonesia diwajibkan mengirimkan video tampilan tim ke panitia. “Alhamdulillah dari puluhan video yang masuk, tim nasyid MAN 2 Semarang berhasil lolos dan diwajibkan tampil di hadapan panitia dengan juri pencipta lagu nasyid nasional seperti Snada dan lainnya. Meskipun siswa kami hanya masuk final dan berada pada urutan 5 besar tetapi kami puas karena ini prestasi nasional,” kata Wakamad bangga.

Kepala Madrasah, Taufik juga memberikan penghargaan kepada tim nasyid yang telah membawa nama MAN 2 Kota Semarang di tingkat nasional. “Kami sangat bersyukur karena ini juga termasuk syiar Islam yang dilaksanakan oleh siswa madrasah. Sungguh menjadi kebanggaan bila di bulan Ramadan nasyid didendangkan dengan mengagungkan nama Allah SWT dan bersholawat kepada utusanNya, Muhammad SAW,” ungkap Taufik.

Beberapa hari lalu, grup ini melakukan rekaman di studio TVKU dan tampil pada acara pengajian Ramadhan di televisi, Senin sore (12/06).(jkm-ch/gt)