Gunakan Jabatan untuk Kemaslahatan Bersama

Purbalingga – Jabatan adalah amanah. Semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi amanah dan semakin luas tugasnya, semakin tinggi tanggungjawabnya serta semakin berat pula resikonya. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono dalam sambutannya pada acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga di Aula Uswatun Hasanah kantor setempat, Selasa (26/02/2019).

Kepada para terlantik Karsono mengingatkan, jabatan bukan untuk kebanggaan diri, namun jabatan adalah sarana untuk semakin merendahkan hati dan semakin membumikan diri.

“Rendahkan hati kita hingga tidak ada seorangpun yang merendahkan kita. Dengan demikian, mari menata hati agar tujuan kita, tugas para Pengawas Madrasah ini dapat terlaksana, yakni menciptakan lembaga pendidikan yang unggul dan berprestasi,” tandasnya.

Ia juga berpesan agar para terlantik menggunakan amanah yang diembannya untuk kemaslahatan bersama.

“Di saat kita mengemban amanah, gunakan amanah itu sebanyak-banyaknya untuk kemaslahatan bersama, terutama demi kemaslahatan institusi Kementerian Agama. Amanah yang menjadi tugas kita ini kita gunakan untuk amal jariyah dan tidak boleh ada kezoliman dalam menjalankan amanah ini,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, tugas dan tanggung jawab Pengawas Pendidikan adalah mendampingi guru-guru dalam pelaksanaan tugas-tugas kependidikan.

“Jangan sampai guru merasa sendiri dalam pelaksanaan tugasnya. Guru harus dipacu kinerjanya agar selalu bersemangat dan tidak kehilangan motivasi. Artinya, guru tidak boleh kehilangan motivasinya. Jika guru kehilangan motivasi maka pendidikan akan sampai pada puncak kehancuran,” tegasnya.

Analis Kepegawaian, Khamimah menjelaskan, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional di lingkungan kerjanya tersebut dilakukan terhadap 4 orang ASN yang sebelumnya menduduki jabatan Kepala Madrasah di lembaga pendidikan yang dikelola yayasan (swasta.).

Keempat pejabat yang dilantik tersebut adalah: 1.) Sodikin, S. Ag – jabatan lama Kepala MTs Muhammadiyah Gembong Kecamatan Bojongsari, jabatan baru Pengawas Sekolah Madya Tingkat Menengah pada Madrasah Tsanawiyah (MTs). 2.) Hasti Nuraeni, S.Pd.I – jabatan lama Kepala MI Muhammadiyah Bandingan Kecamatan Kejobong, jabatan baru Pengawas Sekolah Madya Tingkat Dasar pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kecamatan Bukateja. 3.) Nur Hamdiyah, S.Pd.I – jabatan lama Kepala MI Ma’arif NU 01 Karanggedang Kecamatan Karanganyar, jabatan baru Pengawas Sekolah Madya Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) kecamatan Karangmoncol. 4.) Eli  Nurhayati, S.Pd.I – jabatan lama Kepala MI Muhammadiyah Toyareka Kecamatan Kemangkon, jabatan baru Pengawas Sekolah Madya Tingkat Roudlotul Athfal kecamatan Kejobong.

“Keempatnya promosi, sesuai lampiran Surat  Keputusan Menteri Agama  tanggal 24 Januari 2019,” tutur Khamimah. (sri-sar/bd)