Guru Harus Mampu Buat Naskah Soal Yang Baik Dan Benar

Surakarta – Untuk meningkatkan profesionalitas guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) khususnya dalam penyusunan kisi-kisi dan naskah soal sehingga anak didik mampu memahami dan menjawab soal dengan baik, penyelenggara Kristen Kantor Kemenag Kota Surakarta, Budi Astuti mengadakan Rapat Koordinasi penulisan soal pendidikan agama Kristen Kota Surakarta, di Hotel Sarila, Jumat (15/3).

Rakor dengan tema penyusunan kisi-kisi dan naskah soal pendidikan agama Kristen tersebut dihadiri  Penyelenggara Kristen Kantor Kemenag Kota Surakarta,Budi Astuti, pejabat pembuat komitmen, Anang Budi Cahyono, dan  pengawas sekolah PAK TK, dasar, dan menengah, Suripto.

Dalam sambutannya, Budi Astuti mengingatkan agar peserta rakor bisa memanfaatkan dan memaksimalkan kegiatan hari ini dengan baik sehingga anggaran yang telah diberikan oleh Kantor Kementerian agama tidak sia-sia.

“Para peserta kami harap dapat mengaplikasikan hasil rakor tersebut dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik mampu belajar dengan baik  dan dapat prestasi yang baik”, ujarnya.

Pada sesi tanya jawab, seorang guru PAK mengusulkan agar seorang guru Pendidikan Agama Kristen harus mampu menyusun kisi-kisi dan naskah soal yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang benar sehingga soal yang dibaca oleh peserta didik dan masyarakat tidak menimbulkan penafsiran yang berbeda-beda.

Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan kegiatan rapat koordinasi seperti ini. “Kalau bisa tahun depan ada Rakor lagi,” ujarnya,

Disamping itu, seorang guru Pendidikan Agama Kristen yang telah mengikuti rapat koordinasi penyusunan naskah soal dan kisi-kisi harus segera diterapkan kepada peserta didik Sehingga peserta didik mampu belajar dengan baik dan berprestasi. (Astuti-rma/bd)