Hati Nur Janah Retna Utami, Guru MTsN 1 Pati Raih Juara Favorit Festival Literasi Nasional.

Guru MTsN 1 Pati Raih Juara Favorit Festival Literasi Nasional

Pati – Guru MTsN 1 Pati kembali torehkan prestasi tingkat nasional di tengah pandemi.  Kendati pandemi covid-19 berdampak di berbagai bidang termasuk di dunia pendidikan dan menyebabkan keterbatasan, namun bukan menjadi sebuah alasan bagi seorang pendidik untuk tidak berkarya. Hal ini terbukti, guru di MTsN 1 Pati yang tetap produktif dan menghasilkan karya sehingga dapat meraih juara terfavorit harapan 3 festival membacakan buku cerita untuk anak tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Forum Gerakan Literasi Sekolah Nasional (FGLSN) yang diumumkan secara virtual pada (9/8).

Festival yang seharusnya dilaksanakan pada 6 Juli ini baru bisa terselenggara 31 Juli lalu. Hal ini dikarenakan jumlah peserta yang mengirimkan karya jauh lebih sedikit dari peserta yang sudah mendaftarkan diri. Festival yang diikuti ini berupa pembuatan film pendek seorang Guru/Kepala Sekolah sedang memegang buku dan membacakan cerita untuk anak dengan durasi minimal 10 menit. Sedangkan tema ceritanya bebas, dikemas kreatif, komunikatif, mendidik, positif, inovatif dan menginspirasi.

Hati Nur Janah Retna Utami, atau akrab disapa Hati pemeroleh juara festival mengaku sangat bersyukur atas perolehan prestasinya, “Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa masuk juara harapan 3, berada di peringkat 6 di Forum Gerakan Literasi Nasional (FGLSN). Saya juga berterimakasih kepada Bapak Ali Musyafak selaku Kepala MTs Negeri 1 Pati, Keluarga, dan Keluarga besar MTs Negeri 1 Pati serta semua yang sudah men-subscribe dan memberikan jariah like-nya,” ujarnya.

Hati yang berprofesi sebagai guru mapel Bahasa Jawa ini mengaku baru pertama kali mengikuti lomba dibidang literasi. Sebagai bahan persiapan, Ia mencari referensi buku yang pas dari internet yang nantinya akan digunakan untuk bercerita. “Saya mencari-cari referensi dari internet, dan pilihan saya jatuh pada buku yang berjudul ‘Semut dan Belalang’ terbitan Mizan Publika,” tuturnya. Setelah menemukan pilihan buku, kemudian ia rekaman dan mengedit sendiri menggunakan beberapa aplikasi. Ia berharap setelah perolehannya ini bisa menjadikan lebih rajin belajar lagi dalam meng-upgrade diri dan bisa menularkan kepada yang lain.

Ali Musyafak, kepala MTsN 1 Pati mengapresiasi atas keberhasilan salah satu tenaga pendidiknya dalam meraih juara di tingkat Nasional. “Selamat buat Bu Hati atas prestasi terbaiknya, terimakasih atas perjuangannya, semoga mbarokahi,” ujarnya. Ia juga memberikan motivasi agar guru-guru dapat memperoleh prestasi yang lebih baik lagi dan mampu menginspirasi. (TiM)

  • Editor: athi’