Hadapi Ujian dengan Lima S

Semarang – Ujian Madrasah/ Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun pelajaran 2016/ 2017 akan dilaksanakan pada 15 sd 17 Mei 2017. Dari 82 MI negeri dan swasta se-Kota Semarang dengan siswa kelas VI berjumlah 2.032 siswa dijadwalkan akan mengikuti ujian madrasah/ sekolah pada tahun pelajaran ini.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kota Semarang Subiyono memberikan pesan kepada para siswa di wilayahnya yang akan mengikuti ujian, ada Lima S yang perlu dilaksanakan oleh anak-anak dalam mempersiapkan ujian, yaitu Sabar, Sucikan Diri, Semangat, Sholat, dan Serius. “Saat hadapi ujian, anak-anak harus tetap sabar, selalu sucikan diri dengan cara menghindari perbuatan yang tidak terpuji. Tetaplah semangat apapun kesulitan yang dihadapi dan selalu jalin komunikasi dengan Allah melalui sholat, serta semuanya harus dilaksanakan secara serius, baik ketika belajar maupun ketika mengerjakan soal ujian harus serius, sungguh-sungguh,” pesannya.

Hal tersebut diungkapkan pada kegiatan Istigasah dan Do’a Bersama dalam rangka Sukses Ujian Madrasah/ Sekolah MI se-Kota Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan oleh KKMI Kota Semarang ini diselenggarakan di Masjid Raya Baiturrahman Simpanglima Kota Semarang, Sabtu (22/04).

Di hadapan sekitar 2.500 peserta kegiatan, ia menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan tersebut adalah memohon pertolongan kepada Allah, agar seluruh siswa Kelas VI MI se-Kota Semarang berhasil lulus Ujian Madrasah/ Sekolah dengan nilai yang diridhoi Allah SWT.

Selanjutnya Ketua KKMI menerangkan, “Bukankah Allah telah berfirman dalam surat Al-Anfal ayat 9?, yang artinya, Ingatlah wahai Muhammad, ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu Dia mengabulkan permohonanmu. Ayat ini menjelaskan peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW memohon bantuan dari Allah SWT, saat itu beliau berada di tengah berkecamuknya perang badar dengan kekuatan musuh tiga kali lipat lebih besar dari pasukan Islam. Kemudian Allah mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan pasukan tambahan berupa seribu pasukan malaikat,”.

Subiyono berharap semoga apa yang menjadi hajat dari Pengurus KKMI Kota Semarang dikabulkan oleh Allah, “Nilai bagus yang diiringi dengan karakter yang bagus pula, berkat Lima S,” pungkasnya.(sby-ch)