Hasil Monev di SMP Terdapat Kemiripan Dengan Hasil Monev di SMA dan SMK

Wonosobo – Kegiatan Monitoring dan Evaluasi USBN PAI, yang dilakukan di sepuluh sekolah SMP Se Wonosobo masih dijumpai berbagai catatan yang hampir sama dengan Monev USBN PAI Tingkat SMK/SMA/MA.

Berikut ini berbagai catatan/koreksi yang ditemukan baik saat monev USBN SMA sederajat, pada Senin (20/3) lalu, dengan Monev USBN SMP pada Senin (17/4).

Kesamaan koreksi terdapat pada soal yang diberikan kepada siswa. Yakni tidak terdapat logo BSNP, hanya terdapat logo Kemenag (ihlas beramal) dan logo Kemendikbud (Tut wuri Handayani).

Padahal, yang benar menurut hasil rapat Kasi PAIS se-Provinsi Jateng, soal yang benar harus mencantumkan tiga logo. Yaitu; logo Kemenag, BSNP dan Kemendikbud.

Koreksi selanjutnya, soal yang diberikan kepada siswa dalam satu ruang sama. Dengan kata lain, hanya terdapat satu paket soal utama dengan kode 01. Padahal, seharusnya ada dua paket soal utama yaitu kode 01 dan kode 02 dalam satu ruangan.

Catatan berikutnya, soal yang diberikan pada satuan pendidikan (SMP) semuanya menggunakan kurikulum 2013. Padahal, sebagian sampel monev satuan pendidikan ada yang menggunakan kurikulum 2006 /KTSP.

Selain catatan yang hampir mirip dengan Monev USBN di SMA/SMK. Hasil monev USBN SMP sudah terdapat perbaikan pada sisi redaksi soal. Berdasar informasi dari GPAI soal sangat bagus dan siswa tidak kesulitan untuk menjawab.

“Redaksi soal sudah bagus, cuman perlu sedikit ditingkatkan lagi dengan meminimalisir kata yang berpotensi menimbulkan multi tafsir,” Ujar Kasubag TU Cahyo Sukmana.

Kendatinmasih terdapat koreksi dimana-mana, secara umum pelaksanaan USBN PAI SMP dapat berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai jadwal waktu yang telah ditetapkan dalam POS USBN SD/SMP/SMAdan SMK Tahun Pelajaran 2016 / 2017.

“Koreksinya masih mirip. Antara monev USBN PAI SMA, SMK, dan SMP. Untuk kedepan koreksi korekai itu perlu dibenahi,” katanya memungkasi.

Untuk diketahui, Monev USBN PAI SMP dilakukan di sepuluh SMP di Wonosobo. Dengan rincian, 5 sekolah SMP swasta dan 5 sekolah SMP Negeri. Monev dilakukan serentak mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Hari Senin, (17/4). (humas/Af)