H.M. Aqsho : Libatkan Darma Wanita Dalam Kegiatan Sosial Agar Perananya Semakin Tampak

Batang – Mengawali kegiatan ditahun ini sejak pandemi covid-19 dan bulan ramadhan yang lalu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kabupaten Batang menggelar kegiatan halal bihalal yang bertajuk “ Memperkokoh Silaturahmi Dalam Kebersamaan Dan Keberagaman” di aula lantai 2 Kemenag Kab. Batang pada Rabu (9/06). Kegiatan itu dihadiri oleh pengurus dan anggota Darma Wanita baik dari KUA Kecamatan, maupun dari satker MAN,MTsN maupun MIN.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang H.M. Aqsho dalam sambutan pembukaanya menyampaikan dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan Darma Wanita ini, bahkan menurutnya kedepan Dharma Wanita juga ikut serta dalam kegiatan social kemasyarakatan agar eksistensinya terlihat.

“Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kab. Batang diharapkan dapat membawa marwah kemenag, mendukung tugas para suami dimana salah satunya kedepan dapat mensupport kegiatan kemenag, demikian juga kemenag dapat melibatkan darmawanita di kegiatan social misalnya dari UPZ  saat pentasarufan zakat atau penyaluran bantuan, sehingga peran darma wanita akan lebih jelas,” kata H.M. Aqsho.

Dia juga mengatakan agar peran darma wanita itu dapat lebih dinamis dan bersinergi, maka perannya harus dapat membantu kegiatan-kegiatan kemenag kususnya dibidang-bidang sosial, bahkan menurutnya dapat kiranya dharma wanita dilibatkan saat-saat pentasarufan zakat oleh UPZ atau saat penyaluran bantuan-bantuan.

“Saya tegaskan pada para Guru,Kepala-Kepala Satker dan Kepala KUA, untuk menggiatkan kegiatan darma wanita ini ditingkat kecamatan ataupun satker yang ada, agar peran wanita dapat bermanfaat bagi marwah kementerian agama dimanapun berada,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Kab. Batang Hj. Erni Suryaningsih M. Aqsho, dalam sambutanya menyampaikan pokok-pokok kegiatan darma wanita yang sebaiknya diprogramkan kedepan .

“ Kedepan kita untuk dapat membuat rencana program kegiatan yang lebih berfariasi lagi agar tidak menjemukan, bila perlu kita mengundang nara sumber yang kompeten contohnya dari Kementerian Kesehatan ataupun yang lain,” kata Hj. Erni Suryaningsih M. Aqsho.

Selain itu dia juga menyroti tentang situasi sekarang dimana covid-19 belum mereda, dia mencontohkan di kabupaten Kudus tingkat penyebaran covid begitu tinggi, maka menurutnya kita harus benar-benar menjaga kondisi yang demikian itu dengan disiplin menerapkan protocol kesehatan dalam setiap aktifitas.

“Kami ingatkan bahwa penyebaran covid-19 ditengah-tengah kita masih tinggi maka kita harus berupaya menerapkan protocol kesehatan secara ketat agar kita terhindar dari penularan itu. Seperti beberapa waktu yang lalu kita pernang mengikuti kegiatan zoom meeting baik dengan kanwil maupun pusat, saya menyarankan bila ada lagi kegiatan itu hendaknya ada absen kehadiran karena itu untuk dilaporkan ke kanwil,” tambahnya.

Acara Halal bihalal diisi dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Penyuluh Fungsional Kecamatan Pecalungan Maskur, mengikuti ketrampilan pembuatan masker oleh Kecamatan Wonotunggal serta pembagian beberapa dorprise. (Ur/Dy/Zy)