Genjot Mutu Pendidikan MTs Nurul Huda Banyuputih Gelar Workshop

* Pembukaan Workshop dihadiri Pengawas Madrasah Hj. Minarsih yang didampingi Ketua Yayasan Nurul Huda, Kepala Madrasah dan Panitia Penyelenggara

Batang – Dalam rangka penyusunan program kerja madrasah, MTs Nurul Huda Banyuputih mengadakan Workshop Pengembangan Madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Rabu (10/11) sampai Jum’at (12/11) dan diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan.

Ketua Yayasan Nurul Huda Hurun dalam sambutan pembukaanya menyampaikan bahwa pihaknya merasa bangga atas dilaksanakannya kegiatan ini dan berharap menjadi awal penyusunan program kerja madrasah yang berkualitas.

“ Kami sangat bangga dengan niatan Kepala Madrasah bersama para guru yang berinisiatif menggelar acara workshop ini, harapannya ini akan menjadi awal penyusunan program kerja madrasah yang berkualitas,” kata Harun.

Penanggung jawab kegiatan Saiful Mujib dalam keteranganya menyampaikan bahwa selama tiga hari para peserta mendapat dua materi yaitu Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Madrasah (RKM). Selain itu peserta juga langsung dibagi menjadi beberapa tim kerja untuk berdiskusi mengenai kedua bahasan tersebut. Hasil diskusi tiap tim kemudian dilaporkan dalam rapat pleno.

“Hari pertama kita akan bagi menjadi 5 tim kerja yang didampingi oleh seorang supervisor untuk membimbing dan mengarahkan diskusi tentang 8 Standar Nasional Pendidikan yang merupakan aplikasi dari materi EDM,” jelas Saiful Mujib.

* Para Guru MTs Nurul Huda Banyuputih tampak antusias mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Madrasah

Sedangkan hari kedua, tuturnya diawali dengan penyampaian materi Rencana Kerja Madrasah (RKM) oleh Zaenal Arifin dilanjutnya peserta dibagi menjadi 7 tim kerja. Setiap tim menyusun rencana program kerja sesuai dengan bidang masing-masing, baik kesiswaan, kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya, lingkungan madrasah, peran serta masyarakat, administrasi managemen madrasah, maupun organisasi kelembagaan.

Sementara itu kepala madrasah Khoirin, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada segenap panitia dan peserta yang sudah dengan antusias mengikuti kegiatan ini.

“Kami akan segera melakukan kegiatan tindaklanjut dari hasil workshop ini,harapanya akan menjadi program kerja madrasah,” kata Khoirin.

Sebagai salah satu pemateri dalam acara ini adalah pengawas madrasah Hj.Minarsih , menurutnya mutu pendidikan disuatu madrasah sangat menentukan apakah madrasah itu akan dipilih oleh masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya atau tidak, pendidikan yang bermutu pasti akan selalu menjadi pilihan utama bagi masyarakat menyekolahkan anaknya. Dia juga menyampaikan apresiasi pada MTs Nurul Huda Banyuputih atas terlaksananya kegiatan ini.

“Tidak lama lagi akan diberlakukan E-RKAM yang berperan penting dalam memajukan mutu pendidikan, dan hari ini MTs Nurul Huda Banyuputih sudah memulainya,” tungkasnya.( ukfa dwi khasanah/Zy)