Ilmu Fikih Dengan Pelatihan Manasik Haji & Umrah

Surakarta – Sebagai wujud terapan ilmu fikih bagi siswa yang mengikuti pelajaran di bangku MA AL-Muayyad Surakarta, pihak madrasah menggelar pelatihan manasik haji dan umrah di Asrama Haji, Donohudan, Boyolali, Sabtu (16/2) kemarin. Pelatihan manasik haji itu melibatkan semua siswa kelas XII IPA dan IPS yang berjumlah 60-an siswa.

Salah seorang pengajar ilmu Fikih, Rodlin, menyatakan bahwa kegiatan yang sudah diagendakan setiap tahun sekali itu meliputi rangkaian ujian praktik manasik haji dan perawatan jenazah. “Tata urutan manasik haji dan umroh yang pertama towaf, sa’i, wukuf, dan yang terakhir melempar jumroh,” ujarnya ketika membriefing anak didiknya.

Ujian praktik ini, menurut Rodlin, diharapkan anak didiknya punya semangat yang kuat untuk mengikuti tahapan-tahapan yang telah dipaparkan, disamping juga ingin memperoleh nilai yang bagus. pelaksanaan kegiatan didampingi beberapa guru perwakilan, ke-60 siswa itu menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

“Siswa laki-laki dipersilahkan menggunakan dua lembar kain putih (pakaian ihram), sedang siswa perempuan menggunakan seragam sekolah, Yang penting menutupi aurat,” ujar salah seorang guru pembimbing.

Kegiatan tersebut, kata Rodlin, dalam rangka memperkenalkan siswa/siswi dari MA Al-Muayyad Surakarta khususnya kelas XII, menjelang akhir pembelajarannya dan sekaligus untuk membekali dan memperkenalkan ibadah haji yang merupakan rukun islam ke-5.

“Diharapkan suatu saat ketika mereka diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah, mereka sudah punya bekal bagaimana tata cara melaksanakan dan menunaikan ibadah haji dan umrah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntutan para guru atau kyai kita”. ucap Amin

Salah satu siswa berprestasi, Fahrezi Denis, ketika dimintai pendapatnya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus sekali. Teman-teman yang lain, katanya, juga antusias mengikuti pelatihan ini. Disini kita dapat belajar dan menambah pengalaman.

Kedepannya, lanjutnya, kita sudah mempunyai bayangan untuk melaksanakan haji dan umrah jika diberi kesempatan oleh Allah SWT. (anis-rma/bd)