Insan Kehumasan Agar Tidak Lelah Memberitakan

Mungkid – Insan Kehumasan didorong agar tidak lelah dalam memberitakan Kementerian Agama. Pengelola Kehumasan Ahmad Maskuri, Selasa, (22/05), di Ruang Kehumasan menyampaikan komitmen Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Mad Sabitul Wafa, akan peran penting insan Kehumasan.

“Tanpa berita masyarakat tidak akan tahu kalau kita bekerja dengan baik,” kata Ahmad Maskuri menirukan pesan Mad Sabitul Wafa.

Ahmad Maskuri menyampaikan prioritas Kehumasan saat ini adalah memberitakan semua kegiatan yang ada di Kankemenag Kab. Magelang. Pihaknya mengakui, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang tidak mudah.

“Pak Wafa mengamanatkan agar pemberitaan kegiatan dapat dilakukan secara masif, baik melalui website atau media sosial sehingga masyarakat tahu bahwa ASN Kemenag benar-benar bekerja untuk melayani masyarakat,” katanya.

Menurut Maskuri, insan Kehumasan harus siap menjadi garda terdepan Kemenag dalam menyampaikan visi, misi, dan program-program Kemenag agar semakin dekat dengan masyarakat. Dalam 100 Hari kepemimpinan Mad Sabitul Wafa, Kehumasan telah mengalami beberapa sentuhan inovasi agar tidak tumpul dalam menjalankan tugasnya. Inovasi tersebut meliputi penataan ruang Kehumasan yang nyaman dan ber-AC, penyediaan kendaraan dinas untuk peliputan, perjalanan dinas dalam kota, serta penataan SDM yang mendukung tusi kehumasan.

“Peran seorang leader sangat menentukan keberlangsungan Kehumasan. Agar pekerjaan kami di Kehumasan terukur, Pak Wafa memberikan target untuk tahun 2018 bisa menghasilkan 300 berita,” lanjutnya.

Untuk mendukung tugas Kehumasan, pemberitaan dibantu oleh satu JFU yang mendapatkan tugas sebagai Kontributor. Wafa juga menempatkan JFU yang diberi tugas tambahan sebagai Asisten Pribadi. Tugasnya adalah mengatur ritme jadwal Kepala Kantor dan kebutuhan lain yang relevan, termasuk melakukan komunikasi intens dengan Pengelola Kehumasan agar kegiatan Kepala tidak terlewat pemberitaannya.

“Selain Asisten Pribadi, ada juga JFU yang diberi tambahan tugas dibidang Protokoler. Keberadaan Protokoler ini sangat penting dalam mendukung tugas-tugas Kepala Kantor,” papar Maskuri.

Meskipun berat karena Kehumasan yang disandangnya saat ini merupakan tugas tambahan, Ahmad Maskuri menyampaikan pesan Kepala Kantor agar insan Kehumasan tidak boleh mengeluh dengan beban tugas serta mengedepankan rasa syukur.

“Janganlah banyak mengeluh, perbanyak rasa syukur agar pekerjaan kita menjadi berkah,” kata Maskuri menirukan pesan Wafa. (at/sua)