Jamaah Haji Diharapkan Bermanfaat bagi Masyarakat

Pemalang – Rombongan jamaah haji kelompok terbang (kloter) SOC-10 Kabupaten Pemalang pagi ini, Minggu (10/9) telah tiba di tanah air. Kedatangan pesawat nomor penerbangan GIA6802 mengalami keterlambatan dari jadwal semula. Sesuai jadwal seharusnya pesawat mendarat di bandara Adi Soemarmo jam 6.10 WIB, namun pesawat tiba jam 07.48 WIB.

Rombongan tiba di gedung Jeddah, Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali pada jam 08.40 WIB. Bupati Pemalang bersama Kepala Kantor Kementerian Agama dan anggota DPRD Kabupaten Pemalang ikut menyambut kedatangan rombongan.

Selanjutnya, jamaah mengikuti upacara penerimaan jamaah oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo. Pihak PPIH yang diwakili oleh Imam Khoiri PPIH memberi sambutan dan dilanjutkan penyerahan jamaah kepada Bupati Pemalang, Juanidi.

Dalam sambutannya, Junaedi mengucapkan terimakasih kepada petugas. “Kami sampaikan terimakasih kepada petugas baik tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten yang telah membimbing jamaah haji sehingga bisa melaksanakan ibadah dengan baik,” ucap Junaedi.

“Setelah melaksanakan haji selama 40 hari jamaah kembali ke rumah masing-masing, bisa kembali melaksanakan aktivitas dan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar,” pesannya.

Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan kartu tanda anggota (KTA) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Pemalang kepada perwakilan jamaah, Pranata dan R. Totot Prasojo. Bupati didampingi oleh Kepala Kankemenag, Taufik Rahman menyerahkan KTA.

Dengan berakhirnya acara, jamaah yang diawali dari rombongan satu berturut-turut keluar gedung Jeddah menuju bus yang akan membawa rombongan pulang ke Pemalang. Ada delapan bus yang membawa 351 orang jamaah.

Masih ada seorang jamaah yang belum pulang ke tanah air, karena sedang sakit dan dirawat di rumah sakit di wilayah Taif Arab Saudi. Jamaah tersebut atas nama Mahbub dari Sidorejo, Kecamatan Comal. (fi/rf)