Jateng Raih 4 Besar pada FASI Tingkat Nasional 2017

Banjarmasin (pontren) – Seluruh kegiatan lomba pada Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) X Tingkat Nasional Tahun 2017 di Banjarmasin Kalimantan Selatan telah selesai. Babak penyisihan telah dilaksanakan pada hari Kamis kemarin lusa sedangkan babak final berlangsung mulai Jumat siang hingga malam hari. Kontingen Jawa Tengah berhasil masuk final sebanyak 10 cabang lomba.

Hari ini Sabtu (16/09), Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) X Tingkat Nasional Tahun 2017 telah resmi ditutup oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Abdul Haris Makkie. Selain Gubernur, hadir pula Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina beserta Wakil Walikota Banjarmasin. Kegiatan FASI X Tingkat Nasional Tahun 2017 sendiri diselenggarakan mulai tanggal 13 s.d. 16 September 2017 di Banjarmasin Kalimantan Selatan, diikuti lebih dari 1.300 peserta TKQ, TPQ, dan TQA dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kerja sama semua pihak sehingga penyelenggaraan kegiatan berjalan dengan aman, tertib, dan sukses.

Perjuangan keras para finalis Jawa Tengah serta para pendamping dan official dalam menyediakan dan selama pelaksanaan FASI Tingkat Nasional Tahun 2017 berbuah manis, dengan memboyong 3 Juara I, 2 juara II, 1 juara III, 1 juara harapan I, dan 3 Juara harapan II, dengan perincian : 1) Nasyid TKQ, Juara I, 2) Adzan dan Iqamah TKQ, Juara II, 3) Tartil puteri TKQ, Juara III, 4) Ceramah Puteri TKQ, Juara I, 5) Nasyid TPQ, Juara Harapan II, 6) Ceramah Putera TPQ, Juara I, 7) Ceramah Puteri TPQ, Juara Harapan II, 8) Ceramah Putera TQA, Juara Harapan I, 9) Kisah Islami Putera TQA, Juara Harapan II, dan 10) Tilawah putera TQA, Juara II

Sedangkan urutan 5 besar perolehan medali terbanyak adalah tuan rumah Kalimantan Selatan (Juara Umum), DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur. Pada FASI X Tingkat Nasional Tahun 2017 ini, kepada para juara, selain diberikan trofi juga akan diberikan hadiah dari Gubernur Kalimantan Selatan berupa uang. Hadiah kepada juara I sebesar Rp 3 juta, juara II sebesar Rp 2 juta, juara III sebesar Rp 1 juta, juara harapan I sebesar Rp 750 ribu, dan juara harapan II sebesar Rp 500 ribu. (fat/gt)